IMPLEMETASI METODE MULTI – OBJECT OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYS (MOORA) PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA SMA N 1 TALAMAU BERBASIS WEB

Septian, Yodi (2022) IMPLEMETASI METODE MULTI – OBJECT OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYS (MOORA) PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA SMA N 1 TALAMAU BERBASIS WEB. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text
SKRIPSI_YODI SEPTIAN_18101152610575_ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text
SKRIPSI_YODI SEPTIAN_18101152610575_BAB 1.pdf

Download (290kB)
[img] Text
SKRIPSI_YODI SEPTIAN_18101152610575_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text
SKRIPSI_YODI SEPTIAN_18101152610575_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

SMA N 1 Talamau adalah sebuah sekolah menengah atas negeri yang berlokasi di Jl. Taluak Ambun, Nag. Sinuruik, Kec. Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Dalam menunjang proses penerimaan siswa baru agar lebih efektif sekolah tentunya memiliki sistem penilaian dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. di SMA N 1 Talamau sendiri memiliki sistem perekepan data dan proses seleksi nilai yang menjadikan suatu permasalahan, karena data yang diolah hanya dengan menggunakan Microsoft Excel dan dihitung secara manual dari hasil tes. Maka dari itu perlu adanya perubahan sistem yang lama dengan perubahan sistem yang baru. Dengan menggunakan SPK (Sistem Pendukung Keputusan) pada Metode MOORA (Multi Object Optimization on The Basis of Ratio Analys) agar dapat mengoptimalkan dua atau lebih atribut yang saling bertentangan secara bersamaan dan agar mempermudah SMA N 1 Talamau dalam penentuan PPDB dengan sesuai kriteria-kriteria yang ditetapkan. Sistem ini didukung oleh Bahasa pemrograman PHP sebagai aplikasi pengembangan sistem, dan database MySQL sebagai penyimpanan data. Sistem Pendukung Keputusan penerimaan peserta didik baru adalah suatu program aplikasi yang terkomputerisasi, maka dari itu dapat membantu para panitia dalam menentukan calon siswa/i yang diterima dengan hasil yang cepat dan akurat. Dari hasil pada penerapan Metode MOORA Sistem Pendukung Keputusan ini dapat menampilkan proses hasil dari perengkingan Penerimaan Peserta didik baru. Berdasarkan hasil dari analisa program aplikasi Sistem penunjang Keputusan ini maka disimpulkan program ini sangat mudah digunakan dan sangat bermanfaat bagi pihak SMA N 1 Talamau. Kata Kunci : SMA N 1 Talamau, Microsoft Excel, SPK, MOORA, PPDB.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 10 Oct 2024 01:43
Last Modified: 10 Oct 2024 01:43
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12011

Actions (login required)

View Item View Item