SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT KULIT YANG DISEBABKAN OLEH JAMUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMOGRAMAN VB NET 2017 DAN DATABASE MYSQL (STUDY KASUS PADA : KLINIK PUTI LUBUK ALUNG.)

Ariesta Deti, Az Zahra (2021) SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT KULIT YANG DISEBABKAN OLEH JAMUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMOGRAMAN VB NET 2017 DAN DATABASE MYSQL (STUDY KASUS PADA : KLINIK PUTI LUBUK ALUNG.). Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text
SKRIPSI_AZ ZAHRA ARIESTA DETI_17101152610505_ABSTRAK.pdf

Download (99kB)
[img] Text
SKRIPSI_AZ ZAHRA ARIESTA DETI_17101152610505_BAB 1.pdf

Download (330kB)
[img] Text
SKRIPSI_AZ ZAHRA ARIESTA DETI_17101152610505_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] Text
SKRIPSI_AZ ZAHRA ARIESTA DETI_17101152610505_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penyakit kulit merupakan kondisi lapisan luar tubuh mengalami masalah baik iritasi atau meradang. Penyakit kulit bisa disebabkan oleh berbagai faktor, meliputi faktor kebersihan, paparan zat bebahaya, lingkungan, infeksi, maupun imunitas seperti alergi. Perkembangan infeksi jamur di negara tropis seperti Indonesia yang paling banyak disebabkan oleh udara yang lembab, sanitasi yang kurang serta lingkungan yang padat penduduk. Dengan demikian dibutuhkan sebuah alat bantu berbasis komputer yang dapat membantu dokter untuk memperoleh informasi mengenai penyakit pada kulit yang disebabkan oleh jamur agar mengurangi dampak yang lebih berbahaya dari terjadinya penyakit tersebut. Sistem Pakar merupakan salah satu kecerdasan buatan dimana sistem dapat bekerja sesuai dengan pemikiran dari seorang pakar yang bertujuan untuk mendapatkan suatu solusi dan memecahkan suatu permasalahan. Aplikasi sistem pakar ini menghasilkan keluaran berupa suatu aplikasi yang bertujuan untuk mendianosa penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur dengan metode forward. Pengujian aplikasi sistem pakar dengan metode forward ini dimulai dari entry data penyakit, gejala dan aturan oleh dokter dan selanjutnya dokter dan asisten dokter dapat melakukan diagnosa terhadap pasien seusai dari pemikiran pakar yaitu dokter itu sendiri. Kata Kunci : Penyakit kulit, Sistem Pakar, Forward Chaining.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 08 Oct 2024 01:55
Last Modified: 08 Oct 2024 01:55
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11984

Actions (login required)

View Item View Item