SISTEM INFORMASI MONITORING SISWA SERTA E-LEARNING PADA SDN 62/III MUKAI MUDIK DENGAN METODE COLLABORATIVE PROBLEM BASED LEARNING (CPBL)

Alpadita, Ariefni (2021) SISTEM INFORMASI MONITORING SISWA SERTA E-LEARNING PADA SDN 62/III MUKAI MUDIK DENGAN METODE COLLABORATIVE PROBLEM BASED LEARNING (CPBL). Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text
SKRIPSI_ARIEFNI ALPADITA_17101152610057_ABSTRAK.pdf

Download (57kB)
[img] Text
SKRIPSI_ARIEFNI ALPADITA_17101152610057_BAB 1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
SKRIPSI_ARIEFNI ALPADITA_17101152610057_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
SKRIPSI_ARIEFNI ALPADITA_17101152610057_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Dalam mengahadapi pendemi COVID-19, SDN 62/III Mukai Mudik masih menggunakan sistem pendidikan konvensional meskipun dalam 2 sampai 3 hari dalam satu minggu. Sehingga diperlukan suatu metode pendekatan baru yaitu dengan pemanfaatan teknologi informasi secara optimal dalam menunjang pelaksanaan pendidikan dan peningkatan mutu pendidikan serta memutuskan rantai penyebaran COVID-19. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan adalah dengan lahirnya konsep e-Learning. Electronic learning disingkat E-learning) adalah cara baru dalam proses belajar mengajar. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. E-Learning juga digunakan untuk memantau aktifitaas siswa dalam hal pembelajaran. Pemantauan ini dilakukan agar dapat menilai keseriusan siswa dalam mengerjakan tugas-tugas dan menerima materi yang di berikan oleh pengajar. Sistem e-learning ini didukung oleh sistem Collaborative Problem Based Learning (CPBL) yang mendukung siswa untuk belajar dalam kelompok untuk menghasilkan kinerja individu yang saling bekerja sama. Metode Collaborative Problem Based Learning (CPBL) digunakan dalam menentukan peningkatan keterampilan pemecahan masalah pada siswa. Metode Collaborative Problem Based Learning (CPBL) yang disertai e-learning ini untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran berbasis masalah yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan kerja sama secara online. Dengan adanya sistem pembelajaran e-Learning diharapkan dapat membantu siswa dan guru dalam melakukan proses belajar mengajar dengan mudah. Kata Kunci : e-Learning, Monitoring, Collaboartive Problem Based Learning (CPBL)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 07 Oct 2024 01:35
Last Modified: 07 Oct 2024 01:35
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11953

Actions (login required)

View Item View Item