Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Kucing Menggunakan Metode Forward Chaining dan Certainty Factor Dengan Bahasa Pemrograman PHP Dan Database MySQL

Yudha, Aditya Rahmat (2020) Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Kucing Menggunakan Metode Forward Chaining dan Certainty Factor Dengan Bahasa Pemrograman PHP Dan Database MySQL. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text (ABSTRAK)
SKRIPSI_ADITYA RAHMAT YUDHA_15101152610474_ABSTRAK.pdf

Download (196kB)
[img] Text (BAB 1)
SKRIPSI_ADITYA RAHMAT YUDHA_15101152610474_BAB 1.pdf

Download (346kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI_ADITYA RAHMAT YUDHA_15101152610474_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI_ADITYA RAHMAT YUDHA_15101152610474_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kucing merupakan hewan peliharaan rumahan yang tergolong mudah dalam pemeliharaannya dan banyak disukai oleh banyak orang. Walaupun demikian tetap dijaga kesehatannya dari berbagai macam penyakit agar kucing tersebut tidak mengalami kematian. Sebagian besar pemilik kucing tidak menyadari bahwa kucing peliharaannya sakit setelah mengalami perubahan secara signifikan seperti kerontokan atau kebotakan, kulit kemerahan bahkan terdapat luka atau perubahan prilaku pada kucing. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis mengembangkan sebuah sistem pakar yang dapat mendeteksi penyakit kucing dengan cepat. Sistem Pakar ini menggunakan metode Forward Chaining (FC) dan Certainty Factor (CF). Metode Forward Chaining mampu melakukan pelacakan yang dimulai dari informasi masukan, dan selanjutnya mencoba menggambarkan kesimpulan dan metode Certainty Factor merupakan nilai parameter klinis yang diberikan MYCIN untuk menunjukkan besarnya kepercayaan. Sistem pakar ini diimplementasikan kedalam bahasa pemrograman PHP dan database MySQL yang dapat mengolah data dengan cepat dan data diagnosa penyakit kucing dapat tersimpan dengan baik dan aman. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pakar yang dibangun mampu mendeteksi dan mendiagnosa penyakit kucing dengan cepat dan akurat, sehingga pemilik kucing dengan mudah melakukan diagnosa penyakit kucing menggunakan sistem pakar ini dan dapat menghemat waktu dan biaya. Dengan demikian penyakit yang dialami kucing dapat diatasi sedini mungkin dan dapat dapat memberikan obat dan solusi dari penyakit kucing tersebut. Kata kunci : Forward Chaining, Certainty Factor, Penyakit Kucing, Sistem Pakar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 11 Jul 2024 08:33
Last Modified: 11 Jul 2024 08:33
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11110

Actions (login required)

View Item View Item