PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI TEKNOLOGI SISTEM MONITORING MENGGUNAKAN WAZUH 4.0 DAN METODE VIRTUAL PRIVATE NETWORK (VPN) L2TP UNTUK PENINGKATAN KEAMANAN SERVER DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PADANG

YOLANDA, FANISA (2023) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI TEKNOLOGI SISTEM MONITORING MENGGUNAKAN WAZUH 4.0 DAN METODE VIRTUAL PRIVATE NETWORK (VPN) L2TP UNTUK PENINGKATAN KEAMANAN SERVER DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PADANG. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_FANISA YOLANDA_19101152630164_ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text
SKRIPSI_FANISA YOLANDA_19101152630164_BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
SKRIPSI_FANISA YOLANDA_19101152630164_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
SKRIPSI_FANISA YOLANDA_19101152630164_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Seiring berkembangnya internet, banyak instansi kantor ataupun perusahaan yang menggunakan internet untuk memperlancar arus komunikasi informasi di dalamnya. Data-data perusahaan merupakan informasi yang bersifat rahasia dan harus dijaga keamanannya. Di sisi lain, mudahnya akses untuk mendapat informasi tersebut menyebabkan munculnya masalah baru yaitu dapat di manfaatkan informasi atau data penting oleh pihak yang tidak bertanggung jawab demi kepentingannya sendiri. Monitoring jaringan menggunakan software Wazuh sangat efektif, selain dapat melihat aktivitas dari sebuah client, Wazuh juga dapat menampilkan sistem dan juga proses yang digunakan oleh client saat mengakses jaringan internet.Software monitoring Wazuh terdapat 2 bagian yaitu Wazuh Server dan juga Wazuh Agen, Wazuh Server berbentuk opensource yang dapat dijalankan pada sistem operasi linux, sedangkan Wazuh agen dapat dijalankan dengan beberapa sistem operasi seperti windows dan juga linux.fungsi L2TP sebagai pembuatan jalur baru yang bertujuan untuk membuat sebuah koneksi melalui jalur tersebut, ketika router mengalami beban traffic karena terlalu banyak resource yang ada pada router maka akan menghambat perubahan trasfer data antara client yang mengakses router, untuk itu dibuatlah sebuah solusi agar jalur transfer data antara client dapat berjalan walaupun router mengalami beban traffic,solusi tersebut dapat dilakukan dengan menambahkan jalur berupa tunneling dengan memakai fungsi VPN L2TP, selain membuat jalur baru kelebihan dari tunneling dapat melakukan enkripsi data dengan sistem keamanan secret pada L2TP . Perancangan L2TP Server dapat terkoneksi dengan menggunakan kabel dan juga dapat dikoneksikan dengan menggunakan fungsi VPN Setting yang ada pada sistem operasi. Penggunaan Secret pada L2TP Server dilakukan untuk membuat identitas kepada client yang mengakses L2TP Server sesuai dengan aturan yang diatur oleh L2TP Server seperti pembuatan username, password, local address dan remote address. Disarankan saat pemasangan L2TP client menggunakan fitur VPN Setting pada sebuah sistem operasi, koneksi wifi harus terhubung dengan internet provider yang sama digunakan oleh switch yang melakukan pemasangan L2TP Server.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Jaringan Komputer
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:08
Last Modified: 24 Jun 2024 08:08
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10651

Actions (login required)

View Item View Item