PENGARUH PENURUNAN TARIF PPH FINAL UMKM, TAX AWARENESS, DAN PEMAHAMAN PERPAJAKAN TERHADAP TAX COMPLIANCE PADA WAJIB PAJAK UMKM DENGAN SOSIALISASI PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus : UMKM Lubuk Begalung)

ROSIANI, VIVI (2022) PENGARUH PENURUNAN TARIF PPH FINAL UMKM, TAX AWARENESS, DAN PEMAHAMAN PERPAJAKAN TERHADAP TAX COMPLIANCE PADA WAJIB PAJAK UMKM DENGAN SOSIALISASI PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus : UMKM Lubuk Begalung). Sarjana thesis, Universitas Putera Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
SKRIPSI_18101155110041 VIVI ROSIANI_ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
SKRIPSI_18101155110041 VIVI ROSIANI_BAB I.pdf

Download (479kB)
[img] Text
SKRIPSI_18101155110041 VIVI ROSIANI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)
[img] Text
SKRIPSI_18101155110041 VIVI ROSIANI_FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengukur pengaruh penurunan tarif PPh final UMKM, tax awareness, dan pemahaman perpajakan terhadap tax compliance pada wajib pajak UMKM dengan sosialisasi perpajakan sebagai variabel moderasi. Populasi berjumlah 1.456 UMKM yang ada di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang tahun 2020. Menggunakan teknik probability sampling, sampel berjumlah 94 UMKM. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda, menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Penurunan tarif PPh final UMKM berpengaruh positif dan signifikan terhadap tax compliance. 2. Tax awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap tax compliance. 3. Pemahaman perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tax compliance. 4. Penurunan tarif PPh final UMKM berpengaruh positif dan signifikan terhadap tax compliance dengan sosialisasi perpajakan sebagai variabel moderasi. 5. Tax awareness tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap tax compliance dengan sosialisasi perpajakan sebagai variabel moderasi. 6. Pemahaman perpajakan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap tax compliance dengan sosialisasi perpajakan sebagai variabel moderasi.dengan sosialisasi perpajakan sebagai variabel moderasi. 5. Tax awareness tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap tax compliance dengan sosialisasi perpajakan sebagai variabel moderasi. 6. Pemahaman perpajakan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap tax compliance dengan sosialisasi perpajakan sebagai variabel moderasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:18
Last Modified: 11 Jun 2024 02:18
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10489

Actions (login required)

View Item View Item