PEMBUATAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN ANDROID BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PE LAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 2 BUNGO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Prayitno, Hari (2023) PEMBUATAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN ANDROID BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PE LAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 2 BUNGO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_HARI PRAYITNO_18101156110024_ABSTRAK.pdf

Download (338kB)
[img] Text
SKRIPSI_HARI PRAYITNO_18101156110024_BAB I.pdf

Download (478kB)
[img] Text
SKRIPSI_HARI PRAYITNO_18101156110024_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (354kB)
[img] Text
SKRIPSI_HARI PRAYITNO_18101156110024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Praktikalitas dan Efektivitas Pembuatan Aplikasi Media Pembelajaran Android Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X IPS di SMA Negeri 2 Bungo Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan penelitian (research & development). Subjek penelitian berjumlah 72 orang. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan (ADDIE), dengan desain langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut. (1)Analyze, (2)design, (3) development, (4) Implementation dan (5) Evaluate. Hasil uji validitas oleh para ahli secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap Media Pembelajaran Android Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X IPS di SMA Negeri 2 Bungo sebesar 88,42%, sehingga tingkat validitas dapat di interprestasikan sangat valid digunakan. Hasil penilaian uji praktikalitas secara keseluruhan penilaian praktikalitas terhadap Media Pembelajaran Android Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X IPS di SMA Negeri 2 Bungo 90,02%, sehingga tingkat praktikalitasnya dapat di interprestasikan sangat praktis digunakan. Hasil penilaian uji efektivitas secara keseluruhan penilaian efektivitas Media Pembelajaran Android Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X IPS di SMA Negeri 2 Bungo sebesar 88,06% sehingga tingkat efektivitasnya dapat di interprestasikan sangat efektiv digunakan. Kesimpulannya, berdasarkan penilaian beserta masukan ahli serta hasil dari uji coba lapangan Media Pembelajaran Android Berbasis Augmented Reality sebagai media pembelajaran sudah teruji kelayakan, keunggulan, dan dapat digunakan pada proses pembelajaran pada mata pelajaran Geografi Kelas X IPS di SMA Negeri 2 Bungo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Animasi Media Pembelajaran
0 Research > Pendidikan dan Keguruan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 03 Jun 2024 06:59
Last Modified: 03 Jun 2024 06:59
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10314

Actions (login required)

View Item View Item