PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFORMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE.3 KELAS X DI SMK DHUAFA PADANG

Syafitri, Afrilia (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFORMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE.3 KELAS X DI SMK DHUAFA PADANG. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_ AFRILIA SYAFITRI_18101156110001_ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
SKRIPSI_ AFRILIA SYAFITRI_18101156110001_BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] Text
SKRIPSI_ AFRILIA SYAFITRI_18101156110001_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] Text
SKRIPSI_ AFRILIA SYAFITRI_18101156110001_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh permasalahan keterbatasan media belajar Informatika yang ada di SMK Dhuafa Padang tahuna ajaran 2022/2023. Hal ini terjadi karena tidak adanya media pembelajaran yang menarik minat belajar bagi siswa. Oleh karena itu penulis berupaya merancang media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Praktikalitas dan Efektifitas Pembuatan Aplikasi Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X Di SMK Dhuafa Padang Ta 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan penelitian (research & development). Subjek penelitian berjumlah 40 orang. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan (ADDIE model), dengan desain langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut. (1)Analyze, (2)design, (3) development, (4) Implementation dan (5) Evaluate. Hasil uji validitas oleh para ahli secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap Aplikasi Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Infomartika Kelas Xdi SMK Dhuafa Padang sebesar 85,40%, sehingga tingkat validitas dapat di interprestasikan valid digunakan. Hasil penilaian uji praktikalitas secara keseluruhan penilaian praktikalitas terhadap Aplikasi Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X di SMK Dhuafa Padang 92,65%, sehingga tingkat praktikalitasnya dapat di interprestasikan sangat praktis digunakan.Hasil penilaian uji efektifitas secara keseluruhan penilaian efektifitas aplikasi media pembelajaran pada mata pelajaran Informatika Kelas X di SMK Dhuafa Padang sebesar 92,70% sehingga tingkat efektifitasnya dapat di interprestasikan sangat efektif digunakan. Kesimpulannya, berdasarkan penilaian beserta masukan ahli serta hasil dari uji coba lapangan Aplikasi Media Pembelajaran sebagai media pembelajaran sudah teruji kelayakan, keunggulan, dan dapat digunakan pada proses pembelajaran pada mata pelajaran Informatika kelas X SMK DhuafaPadang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan
0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:05
Last Modified: 03 Jun 2024 04:05
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10310

Actions (login required)

View Item View Item