PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA PERIODE 2015-2019

Nelvia, Nelvia (2021) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA PERIODE 2015-2019. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_NELVIA_17101155310695_ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
SKRIPSI_NELVIA_17101155310695_BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text
SKRIPSI_NELVIA_17101155310695_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_NELVIA_17101155310695_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh ukuran perusahaan dan umur perusahaan terhadap manajemen laba dengan pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel intervening. Metode pengumpulan data dengan mengamati laporan keuangan perusahaan manufaktur yang dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia pada periode 2015-2019 dengan jumlah sampel sebanyak 33 perusahaan dengan menggunakan teknik pusposive sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini yaitu pada struktur I: ukuran perusahaan dan umur perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap corporate social responsibility. Pada struktur II: ukuran perusahaan, umur perusahaan dan corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba. Variabel intervening dalam penelitian ini adalah corporate social responsibility, dari hasil pengujian yang dilakukan corporate social responsibility tidak memediasi hubungan antara ukuran perusahaan dan manajemen laba yang artinya ukuran perusahaan tidak dapat meningkatkan manajemen laba melalui variabel corporate social responsibility. Sementara corporate social responsibility memediasi hubungan antara umur perusahaan dan manajemen laba yang artinya umur perusahaan dapat meningkatkan manajemen laba melalui variabel corporate social responsibility.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 21 Feb 2024 07:02
Last Modified: 21 Feb 2024 07:02
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/9917

Actions (login required)

View Item View Item