Hakim, Silvina Rahmaddhannur (2021) ANALISIS SWOT SEBAGAI LANDASAN DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA KAWANA HOTEL PADANG. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.
Text
SKRIPSI_SILVINA RAHMADDHANNUR HAKIM_17101155310658_ABSTRAK.pdf Download (100kB) |
|
Text
SKRIPSI_SILVINA RAHMADDHANNUR HAKIM_17101155310658_BAB I.pdf Download (340kB) |
|
Text
SKRIPSI_SILVINA RAHMADDHANNUR HAKIM_17101155310658_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI_SILVINA RAHMADDHANNUR HAKIM_17101155310658_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
Abstract
Dunia bisnis yang semakin berkembang dipengaruhi kemajuan teknologi membuat tingginya tingkat persaingan bisnis perhotelan sehingga diperlukan strategi pemasaran yang baru dan signifikan dalam proses persaingan pasar antar kompetitor untuk mencapai target bisnis yang lebih baik dari sebelumnya dengan memaksimalkan baik dari kondisi internal maupun eksternal hotel.Penelitian ini bertujuan untuk menetukan strategi pemasaran pada Kawana Hotel Padang dengan menggunakan analisis SWOT. Dalam menetapkan strategi pemasaran perlu mengetahui faktor internal dari kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal dari peluang dan ancaman. Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu manajer dan divisi pemasaran, IT departemen dan resepsionis serta beberapa tamu pada Kawana Hotel padang. Sampel penelitian ini adalah manajer dan divisi pemasaran, IT departemen dan Tamu pada Kawana Hotel Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi dan fokus group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis lingkungan internal Kawana Hotel Padang memiliki kekuatan pada lokasi yang strategis, fasilitas yang lengkap, harga yang terjangkau, pelayanan sopan dan ramah. Sedangkan kelemahan yang dimiliki yaitu terdapatnya kamar yang masih belum ada jendela dan lantai yang keramiknya retak dan glossy serta posisi AC dikamar yang kurang pas. Pada lingkungan eksternal Kawana Hotel Padang terdiri dari Pangsa pasar yang luas, Permintaan konsumen yang tinggi dan Memaksimalkan pemasaran melalui media sosial. Sedangkan ancaman berupa Pesaing yang bergerak pada bidang yang sama, konsumen yang beralih ke hotel lain dan Pesaing yang menawarkan harga miring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kawana Hotel Padang memiliki kekuatan lebih dari kekurangannya, dan juga memiliki lebih banyak peluang dibandingkan dengan ancaman. Oleh karena itu, berdasarkan analisis SWOT Hotel Ciptaningati Culture berada pada posisi kuadran I pada diagram SWOT dan strategi pemasaran yang dapat dirumuskan adalah Strategi Pertumbuhan. Berdasarkan analisis Matriks SWOT, strategi yang dapat dirumuskan adalah strategi SO, WO, STdan WT dan didukung oleh strategi berorientasi pertumbuhan.Strategi yang dapat digunakan oleh Kawana Hotel Padang berdasarkan matriks SWOT yaitu dengan Mengoptimalkan promosi, Memperluas pemasaran melalui media sosial, Selalu melakukan inovasi pada fasilitas yang ditawarkan dan selalu Menjaga hubungan baik dengan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Kewirausahaan dan Pemasaran 0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen (S1) |
Depositing User: | Fani Alivia S.S.i |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 02:27 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 07:58 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/9905 |
Actions (login required)
View Item |