PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN KEBIJAKAN HUTANG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada 2013 -2017

NURHALIZA, SITI (2019) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN KEBIJAKAN HUTANG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada 2013 -2017. Sarjana thesis, UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA “YPTK” PADANG.

[img] Text
15101155110158_SITI NURHALIZA_BAB I.pdf

Download (257kB)
[img] Text
15101155110158_SITI NURHALIZA_ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
15101155110158_SITI NURHALIZA_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15101155110158_SITI NURHALIZA_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstract

Siti Nurhaliza, Nomor BP: 15101155110158, Jurusan Akuntansi 2019, Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pertumbuhan Perusahaan Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi Periode 2013-2017 dibawah bimbingan Bapak Dr. Fitrizal, S.E, MM dan Ibu Desi Permata Sari, S.E, MM. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage dan kebijakan hutang terhadap nilai perusahaan dengan pertumbuhan perusahaan sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling untuk penentuan sampel dengan jumlah populasi sebanyak 49 perusahaan dan sampel sebanyak 12 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deksriptif, uji asumsi klasik, uji korelasi, dan regresi linear berganda serta Moderating Regresi Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh profitabilitas dan kebijakan hutang secara positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi 0,007 dan 0,000. Sedangkan leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,233. Serta terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi masing-masing variabel yaitu profitabilitas, leverage dan kebijakan hutang dengan pertumbuhan perusahaan sebagai variabel moderating terhadap nilai perusahaan dengan signifikansi masing 0,00 , 0,015 dan 0,003. Akhirnya penulis menyarankan agar nilai perusahaan meningkat pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi perusahaan dapat meningkatkan profitabilitas dengan meningkatkan pendapatan dan meminimalisir biaya, tidak menggunakan hutang terlalu tinggi agar tidak meningkatkan resiko, dan menerapkan kebijakan hutang dengan cara modal yang diperoleh dari pihak luar harus lebih kecil dibandingkan modal sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Bisnis
0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 12 Feb 2024 04:18
Last Modified: 12 Feb 2024 04:18
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/9714

Actions (login required)

View Item View Item