PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN PELANGGAN PADA KOSMETIK JGLOW DENGAN METODE CRM

Listian, Rita Melani (2022) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN PELANGGAN PADA KOSMETIK JGLOW DENGAN METODE CRM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA YPTK PADANG.

[img] Text
Skripsi_18101152610142_Rita Melani Listian_Abstrak.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Skripsi_18101152610142_Rita Melani Listian_BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Skripsi_18101152610142_Rita Melani Listian_Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Skripsi_18101152610142_Rita Melani Listian_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Distributor Jglow 04 Kota Bandung merupakan sebuah klinik dan distributor yang menyediakan pengemasan produk kosmetik. Jglow memiliki 2 klinik dan 14 distributor yang tersebar di Kota Bandung khususnya distributor jglow 04 merupakan anak klinik dari jglow yang berada di Kel. Kebon Jayanti,Kec.Kiara Condong Bandung. Usaha yang didirikannya sangat kreatif dan inovatif sebagai distributor jglow 04 masih terdapat permasalahan dalam pelayanan pelanggan jglow dalam menyelesaikan keluhan pelanggan admin mengalami hambatan. Hal ini terjadi karena keluhan pelanggan disampaikan melalui pesan text ke admin dengan antrian panjang respon lama. Kemudian keluhan tersebut akan disampaikan kepada distributor untuk dikonsultasikan lagi dengan dokter klinik jglow. Oleh karena itu, pelanggan merasa kurang dalam pelayanan konsultasi dan banyak pelanggan yang tidak melakukan pembelian kembali karena keluhan yang disampaikan tidak direspon dengan cepat. Sebelumnya pelayanan online hanya lewat media sosial yaitu facebook, whatsapp, dan instagram. Maka dari itu penulis memberikan solusi untuk mengatasi masalah pada distributor jglow 04 tersebut dengan membuatkan sistem berbasis metode Customer Relationship Management (CRM) menggunakan bahasa pemograman PHP dan Mysql untuk pelayanan secara online pada distributor jglow 04. Agar dapat membantu pekerjaan yang lebih efisien dan mengembangkan usaha tersebut. Dari sistem yang dibuat yaitu dengan metode Customer Relationship Management (CRM) hasilnya adalah dapat memberikan layanan pelanggan untuk bebas bertanya kepada owner atau admin dari sistem tersebut, tanpa adanya batas antara pelanggan dan pemilik. Selanjutnya juga memudahkan pelanggan secara online untuk melihat produk beserta deskripsi produk. Penulis mengharapkan agar sistem yang dibuat dapat memberi banyak manfaat untuk distributor jglow 04 kota Bandung ini agar bisa berkembang dan lebih maju. Keywords: Customer Relationship Management (CRM), PHP, MySql.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer
0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:48
Last Modified: 17 Jan 2024 02:48
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/9182

Actions (login required)

View Item View Item