HUBUNGAN ANTARA KONFLIK PERAN GANDA DENGAN KELELAHAN EMOSIONAL PADA GURU PASCA PEMBELAJARAN DARING DI SMPN 30 PADANG

Putri, Ningrum Yolanda (2022) HUBUNGAN ANTARA KONFLIK PERAN GANDA DENGAN KELELAHAN EMOSIONAL PADA GURU PASCA PEMBELAJARAN DARING DI SMPN 30 PADANG. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text (ABSTRAK)
Skripsi_Ningrum Yolanda Putri_18101157510127_ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB 1)
Skripsi_Ningrum Yolanda Putri_18101157510127_BAB 1.pdf

Download (260kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Skripsi_Ningrum Yolanda Putri_18101157510127_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Skripsi_Ningrum Yolanda Putri_18101157510127_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konflik peran ganda dengan kelelahan emosional pada guru pasca pembelajaran daring di SMPN 30 Padang. Variabel bebas dalam penelitian in adalah konflik peran ganda dan variabel terikat adalah kelelahan emosional. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala konflik peran ganda dan skala kelelahan emosional. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 43 orang guru berjenis kelamin wanita yang telah menikah di SMPN 30 Padang. Uji validitas dan reliabilitas pada penelitian ini menggunakan teknik Alpha Cronbach. Hasil koefisien validitas pada skala konflik peran ganda bergerak dari rix = 0,378 sampai dengan rix = 0,922 dengan koefisien reliabilitas sebesar α = 0,975, sedangkan pada skala kelelahan emosional bergerak dari rix = 0,318 sampai dengan rix = 0,886 dengan koefisien reliabilitas sebesar α = 0,979. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai korelasi sebesar 0,408 dengan taraf signifikansi 0,007 yang berarti hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara konflik peran ganda dengan kelelahan emosional pada guru pasca pembelajaran daring di SMPN 30 Padang dengan arah positif. Hasil analisis sumbangan efektif konflik peran ganda dengan kelelahan emosional pada guru pasca pembelajaran daring adalah sebesar 17%. Kata kunci: Konflik peran ganda, kelelahan emosional, guru, pasca pembelajaran daring, covid-19.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Psikologi > Psikologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Psikologi > Psikologi (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 17 Oct 2023 01:30
Last Modified: 17 Oct 2023 01:30
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/7764

Actions (login required)

View Item View Item