HUBUNGAN SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SMAN 6 PADANG

Azhara, Salsabilla (2022) HUBUNGAN SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SMAN 6 PADANG. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text (ABSTRAKBAB 1)
SKRIPSI_Salsabilla Azhara_17101157510169_ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text (BAB 1)
SKRIPSI_Salsabilla Azhara_17101157510169_BAB 1.pdf

Download (304kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI_Salsabilla Azhara_17101157510169_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI_Salsabilla Azhara_17101157510169_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dan motivasi belajar dengan kemandirian belajar pada siswa SMA Negeri 6 padang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah self efficacy dan motivasi belajar. Sedangkan, variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemandirian belajar. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala self efficacy, motivasi belajar dan Kemandirian belajar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 208 orang siswa SMA Negeri 6 Padang. Uji validitas dan reliabilitas pada penelitian ini menggunakan teknik Alpha Cronbach. Hasil koefisien validitas pada skala self efficacy, hasil koefisien validitas bergerak dari rix = 0,478 sampai dengan rix = 0,732 dengan koefisien relieblitas sebesar α = 0,921. sedangkan pada skala motivasi belajar hasil koefisien validitas bergerak dari rix = 0,324 sampai dengan rix = 0,760 dengan koefisien reliabilitas sebesar α = 0,929. Dan skala kemandirian belajar bergerak dari rix = 0,388 sampai dengan rix = 0,785 dengan koefisien reliabilitas sebesar α =0,940. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai korelasi antara self efficacy dengan kemandirian belajar sebesar 0,429 dengan taraf signifikansi p = 0,000 (p <0,01). Nilai korelasi antara motivasi belajar dan kemandirian belajar diperoleh sebesar 0,499, dengan taraf signifikansi p = 0,000 (p <0,01). Selanjutnya, nilai korelasi antara self efficacy dan motivasi belajar secara bersamaan dengan kemandirian belajar sebesar 0,588 dengan nilai probabilitas (sig. F change)= 0,000, karena nilai sig. F change < 0,05, maka hipotesis dapat diterima. Hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara self efficacy dan motivasi belajar dengan kemandirian belajar di SMA Negeri 6 Padang. Kata Kunci : Self Efficacy, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Psikologi > Psikologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Psikologi > Psikologi (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:22
Last Modified: 16 Oct 2023 03:22
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/7754

Actions (login required)

View Item View Item