HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN KECEMASAN AKADEMIK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SMAK PADANG

Murvi, Sherly Liana (2021) HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN KECEMASAN AKADEMIK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SMAK PADANG. Sarjana thesis, Univesitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
Skripsi_15101157510032_Sherly Liana Murvi_Abstrak.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Skripsi_15101157510032_Sherly Liana Murvi_BAB I.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Skripsi_15101157510032_Sherly Liana Murvi_DAftar Pustaka.pdf

Download (415kB)
[img] Text
Skripsi_15101157510032_Sherly Liana Murvi_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN KECEMASAN AKADEMIK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SMAK PADANG Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning dan dukungan sosial orang tua dengan kecemasan akademik pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan SMAK Padang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah self regulated learning dan dukungan sosial orang tua sedangkan variabel terikat adalah kecemasan akademik. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala self regulated learning dan skala dukungan sosial serta skala kecemasan akademik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tekniksample random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 134 siswa Sekolah Menengah Kejuruan SMAK Padang. Uji validitas dan reliabilitas pada penelitian ini menggunakan teknik Alpha Cronbach. Hasil koefisien validitas pada skala self regulated learning bergerak dari rix = 0,375 sampai dengan rix = 0,888 dengan koefisien reliabilitas sebesar α = 0,943dan hasil koefisien validitas pada skala dukungan sosial bergerak dari rix = 0,312 sampai dengan rix =0,859dengan koefisien reliabilitas sebesar α = 0,961 sedangkan hasil koefisien validitas pada skala kecemasan akademik bergerak dari rix = 0,326 sampai dengan rix = 0,771dengan koefisien reliabilitas sebesar α = 0,935. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai korelasi sebesar -0,668 dengan taraf signifikansi 0,000 yang berarti hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara self regulated learning dan dukungan sosial orang tua dengan kecemasan akademik pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan SMAK Padang. Kata kunci: Self Regulated Learning, Dukungan Sosial Orang Tua, Dan Kecemasan Akademik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Psikologi
0 Research > Psikologi > Psikologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Psikologi
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:00
Last Modified: 06 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/7120

Actions (login required)

View Item View Item