ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI PADA CAFE ES TEH INDONESIA CABANG AMPANG PADANG ANALYSIS OF PRODUCT QUALITY AND PRICE ON CUSTOMER LOYALTY WITH SERVICE QUALITY AS A MEDIATE VARIABLE AT INDONESIAN ES TEA CAFE, AMPANG PADANG BRANCH

Eliza, Eliza and Farhan, Muhammad (2023) ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI PADA CAFE ES TEH INDONESIA CABANG AMPANG PADANG ANALYSIS OF PRODUCT QUALITY AND PRICE ON CUSTOMER LOYALTY WITH SERVICE QUALITY AS A MEDIATE VARIABLE AT INDONESIAN ES TEA CAFE, AMPANG PADANG BRANCH. Menara Ilmu, 17 (1). pp. 18-32. ISSN 1693-2617

[img] Text
4524-13550-1-PB-3.pdf

Download (434kB)

Abstract

ABSTRAK: Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk menguji seberapa besar kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan variabel pemediasinya adalah kualitas pelayanan pada Cafe Es Teh Indonesia Cabang Ampang Padang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu melalui survei lapangan dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 78 sebagai sampel dari penelitian ini (responden). Selanjutnya, analisis menggunakan SEM (Structural Equation Modeling), adalah SmartPLS 4. Berdasarkan penelitian ini, hasil pengujian hipotesis (Direct Ef ect) atau pengaruh secara langsung, terdapat pengaruh yang signifikan kualitas produk terhadap kualitas pelayanan, tidak terdapat pengaruh yang signifikan harga terhadap kualitaspelayanan, terdapat pengaruh yang signifikan kualitas produk terhadap loyalitaspelanggan, terdapat pengaruh yang signifikan harga terhadap loyalitas pelanggan, terdapat pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan, pengujian hipotesis (Indirect Ef ect), yang dalam hal ini secara tidak langsung, menunjukkan bahwa kualitas layanan dapat memediasi kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan, kualitas layanan tidak dapat memediasi harga terhadap loyalitas pelanggan. Kedepannya, sangat diharapkan kepada perusahaan harus lebih memperhatikan kualitas layanan agar tetap menunjang kepuasan agar konsumen menjadi loyal, dengan cara lebih memperhatikan layanan yang diberikan kepada konsumen, seperti: melakukan pelayanan yang benar, cepat tanggap melayani konsumen, memperhatikan etika saat memberikan pelayanan dan lebih berempatiterhadap konsumen, sehingga mampu mengembangkan Café Es Teh Indonesia ini lebih baik dan siap bersaing dengan produk lainnya. Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Loyalitas Pelanggan, Kualitas Pelaya

Item Type: Article
Subjects: 0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Manajemen SDM dan Pengembangan Organisasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:18
Last Modified: 31 Aug 2023 02:18
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/6967

Actions (login required)

View Item View Item