HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DENGAN KEMANDIRIAN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MOHAMMAD NATSIR ALAHAN PANJANG

Rahmadhani, Milla Putri (2020) HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DENGAN KEMANDIRIAN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MOHAMMAD NATSIR ALAHAN PANJANG. Sarjana thesis, Univesitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
Skripsi_16101157510073_Milla Putri Ramadhani_Abstrak.pdf

Download (28kB)
[img] Text
Skripsi_16101157510073_Milla Putri Ramadhani_BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Skripsi_16101157510073_Milla Putri Ramadhani_Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Skripsi_16101157510073_Milla Putri Ramadhani_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN KEMANDIRIAN PADA SANTRI DIPONDOK PESANTREN MOHAMMAD NATSIR BATU BAGIRIAK ALAHAN PANJANG Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-regulated learning dengan kemandirian pada santri dipondok pesantren Mohammad Natsir Batu Bagiriak Alahan Panjang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah self-regulated learning dan variabel terikatnya adalah kemandirian. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala self-regulated learning dan kemandirian. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 santri tsanawiyah yang menutut ilmu dipondok pesantren Mohammad Natsir Alahan Panjang. Uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan validitas isi. Hasil koefisien validitas pada skala self regulated learning berpindah dari rix = 0,318 ke rix = 0,828 dengan koefisien reliabilitas α = 0,935 sedangkan pada skala kemandirian berpindah dari rix = 0,301 ke rix = 0,812 dengan koefisien reliabilitas sebesar α = 0,939. Berdasarkan analisis data, nilai korelasi 0,579 dengan tingkat signifikansi 0,000, diperoleh, yang berarti hipotesis diterima. Ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara self regulated-learning dengan kemandirian pada santri dipondok peasntren Mohammad Natsir Alahan Panjang dengan arah positif. Kontribusi efektif dari self-regulated learning dengan kemandiriaan sebesar 33%. Kata kunci: self-regulated learning, kemandirian, santri

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Psikologi
0 Research > Psikologi > Psikologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Psikologi
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:40
Last Modified: 21 Aug 2023 03:40
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/6779

Actions (login required)

View Item View Item