ALVIONITA, WILDA (2020) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Kerupuk Jangek Buk Kai). Sarjana thesis, Univesitas Putra Indonesia YPTK.
Text
Skripsi_16101155310113_Wilda Alvionita_Abstrak.pdf Download (10kB) |
|
Text
Skripsi_16101155310113_Wilda Alvionita_BAB I.pdf Download (22kB) |
|
Text
Skripsi_16101155310113_Wilda Alvionita_DAftar Pustaka.pdf Download (12kB) |
|
Text
Skripsi_16101155310113_Wilda Alvionita_Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Keunggulan Bersaing dan seberapa besar pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran. Metode pengumpulan data melalui survei dan mengedarkan kuesioner, dengan sampel 90 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan non probability sampling dengan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi, regresi linear berganda dan analisis jalur (Path Analysis) menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan Uji Parsial (Uji t) diperoleh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing dengan (Sig < 0,05). Kontribusi variabel Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Keunggulan Bersaing sebesar 0,510 atau 51%. Sedangkan sisanya sebesar 49% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini seperti inovasi produk. Selanjutnya berdasarkan Uji Parsial (Uji t) diperoleh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi pasar, dan Keunggulan Bersaing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pemasaran dengan (Sig < 0,05). Kemudian Kontribusi variabel Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing sebagai variabel intervening sebesar 0,549 atau 54,9%. Sedangkan sisanya sebesar 45,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini seperti inovasi produk. Hasil analisis jalur diperoleh bahwa Keunggulan Bersaing memediasi (0,481>0,382) pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran. Dan Keunggulan Bersaing memediasi (0,36 > 0,227) pengaruh Oreintasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran. Akhirnya penulis menyarakan kepada Kerupuk Jangek Buk Kai untuk dapat memperhatikan Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, dan Orientasi Pasar karena terbukti memberikan pengaruh yang besar terhadap Kinerja Pemasaran tanpa mengabaikan variabel yang tidak di teliti. Kata Kunci : Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja PemasaraN
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Ekonomi dan Bisnis 0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Ryan Ariadi A.Md |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 06:58 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 06:58 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/6586 |
Actions (login required)
View Item |