PENGARUH LEVERAGE DAN OPINION SHOPPING TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)

Abduha, Ismi (2020) PENGARUH LEVERAGE DAN OPINION SHOPPING TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018). Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_ISMI ABDUHA_16101155110243_ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
SKRIPSI_ISMI ABDUHA_16101155110243_BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
SKRIPSI_ISMI ABDUHA_16101155110243_daftar pustaka ok.pdf

Download (116kB)
[img] Text
SKRIPSI_ISMI ABDUHA_16101155110243_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar, Pengaruh Leverage Dan Opinion Shopping Terhadap Opini Audit Going Concern Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018). Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan uji parsial ( uji t ) diperoleh: (a) leverage tidak berpengaruh dan signifikan terhadap opini audit going concern pada sub sektor propery real dan estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2018 karena nilai beta didistribusikan negatif dengan nilai tidak signifikan 0,377 > 0,05. (b) opinion shopping berpengaruh dan signifikan terhadap opini audit going concern pada sub sektor propery real dan estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2018 karena nilai beta didistribusikan positif dengan nilai signifikan 0,023 < 0,05. (c) variabel leverage dan opinion shopping secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap opini audit going concern pada sub sektor propery real dan estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2018 karena nilai signifikan 0,042 < 0,05. (d) variabel ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi secara parsial tidak berpengaruh dalam moderasi dan memperkuat hubungan leverage terhadap opini audit going concern. Pada perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018 karena nilai beta didistribusikan positif dengan nilai tidak signifikan 0,090 > 0,05. (e) variabel ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi secara parsial tidak berpengaruh dalam moderasi dan memperkuat hubungan opinion shopping terhadap opini audit going concern. Pada perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018 karena nilai beta didistribusikan negatif dengan nilai tidak signifikan 0,231 > 0,05

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Auditing
0 Research > Ekonomi dan Bisnis
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 04 Aug 2023 02:29
Last Modified: 04 Aug 2023 02:29
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/6438

Actions (login required)

View Item View Item