PENGARUH INTERPERSONAL SKILL, SALESMANSHIP TERHADAP KINERJA TENAGA PENJUALAN DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT. GEMA RODAMAS UTAMA KOTA PADANG

Mayora, Elsa (2020) PENGARUH INTERPERSONAL SKILL, SALESMANSHIP TERHADAP KINERJA TENAGA PENJUALAN DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT. GEMA RODAMAS UTAMA KOTA PADANG. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK".

[img] Text (ABSTRAK)
SKRIPSI_ELSA MAYORA_16101155310014_Abstrak.pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB 1)
SKRIPSI_ELSA MAYORA_16101155310014_BAB I.pdf

Download (505kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI_ELSA MAYORA_16101155310014_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI_ELSA MAYORA_16101155310014_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Interpersonal skill, Salesmanship terhadap Kinerja Tenaga Penjualan dengan Motivasi sebagai variabel Intervening. Sampel penelitian ini adalah tenaga kerja yang ada di PT. Gema Rodamas Utama Kota Padang. Sampel dilakukan dengan metode purposivesampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner disebarkan langsung ke tenaga kerja sebanyak 41 kuesioner. Variabel dependen adalah Kinerja Tenaga Penjualan sedangjan variabel Independennya adalah Interpersonal skill, dan Salesamanship, variabel intervening adalah motivasi. Adapun secara keseluruhan analisis data ini menggunakan bantuan komputer dengan software program SPSS 21 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) interpersonal skill berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi, (2) salesmanship berpengaruh positif dan dignifikan terhadap motivasi, (3) interpersonal skill, salesmanship secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi, (4) interpersonal skill berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga penjualan, (5) salesmanship berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga penjualan, (6) motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga penjualan, (7) interpersonal skill, salesmanship dan motivasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga penjualan, (8) interpersonal skill berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga penjualan melalui motivasi sebagai variabel intervening, (9) salesmanship berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga penjualan melalui motivasi sebagai variabel intervening. Hasil uji koefisien determinasi (R2) mengindikasi bahwa kontribusi variabel interpersonal skill, salesmanship terhadap motivasi sebesar 67,5%. Sedangkan hasil uji koefisien determinasi (R2) mengindikasi bahwa kontribusi variabel interpersonal skill, salesmanship, motivasi terhadap kinerja tenaga penjualan sebesar 58,2%. Hasil model path pengaruh interpersonal skill terhadap motivasi melalui kinerja menunjukkan pengaruh tidak langsung memiliki nilai yang lebih besar dari pengaruh langsung. Artinya motivasi memediasi hubungan antara interpersonal skill terhadap kinerja tenaga penjualan dari nilai estimasi meningkat sebesar 0,203 menjadi 0,41. Sedangkan model path pengaruh salesmanship terhadap motivasi melalui kinerja menunjukkan pengaruh langsung memiliki nilai yang lebih besar dari pengaruh tidak langsung. Artinya motivasi memediasi hubungan antara salesmanship terhadap kinerja tenaga penjualan dari nilai estimasi meningkat sebesar 0,064 menjadi 0,127. Kata Kunci: Interpersonal skill, Salesmanship, Motivasi dan Kinerja tenaga Penjualan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Manajemen SDM dan Pengembangan Organisasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:55
Last Modified: 27 Jul 2023 03:55
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/6296

Actions (login required)

View Item View Item