STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DENGAN METODE SWOT DAN QSPM DI UKM CAHAYA

Hasanah, Nur (2023) STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DENGAN METODE SWOT DAN QSPM DI UKM CAHAYA. Diploma thesis, Univesitas Putra Indonesia YPTK.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Tugas Akhir_18101154250058_Nur Hasanah_Abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Tugas Akhir_18101154250058_Nur Hasanah_BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Tugas Akhir_18101154250058_Nur Hasanah_daftara Pustaka.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Tugas Akhir_18101154250058_Nur Hasanah_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK UKM Cahaya Perabot merupakan unit usaha yang bergerak dibidang furniture atau mebel. UKM ini belum melakukan strategi pemasaran yang baik, dimana selama ini Cahaya Perabot hanya melakukan strategi pemasaran dengan cara pengorderan dari konsumen dan minimnya promosi terhadap produk. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan, strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan di UKM Cahaya Perabot melalui pendekatan Quantitative Strategic Planning Matrix. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yaitu data yang diperoleh dari hasil wawancara dan hasil kusioner dengan jumlah responden 65 orang. Metode yang digunakan yaitu SWOT dan QSPM. Analisis dilakukan melalui faktor internal dan faktor eksternal yang berpengaruh terhadap penentuan strategi perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis Matriks SWOT, QSPM, dan Matriks IE. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari faktor internal diperoleh nilai IFE sebesar 3,21, dan nilai EFE 3,01, sedangkan total bobot didapatkan sebesar 1. Penempataan UKM Cahaya Perabot berada pada kuadran I, yang merupakan situasi sangat menguntungkan, perusahaan tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada (Grow oriented strategy). Adapun strategi yang diperoleh dari matriks SWOT terdapat 8 alternatif strategi oleh UKM Cahaya Perabot yaitu, Menjaga loyalitas konsumen dengan meyediakan layanan pesan antar dan COD dengan menggunakan ojek online, Menjaga hubungan baik dengan pemerintah daerah dan menambah saluran distribusi, Membuka pemesanan furniture secara online dengan memanfaatkan E-Commerce yang ada di Indonesia, Memberikan jaminan dan membuat pembukuan keuangan untuk mengetahui setiap transaksi yang dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi pembukuan yang tersedian pada perangkat smartphone, Melakukan promosi untuk meningkatkan brand image kepada masyarakat, Membuat packing produk yang menarik seperti memberikan kartu ucapan terima kasih, dan label kemasan untuk produk yang dibeli konsumen, Melakukan promosi berupa potongan harga atau discount pada kondisi tertentu, Menetapkan harga bersaing untuk tetap menjaga persaingan harga dipasaran dengan tetap menjaga kualitas produk furniture. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, SWOT, QSPM, Matriks IE

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 0 Research > Teknik > Industri
0 Research > Teknik
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Teknik > Teknologi Industri (S1)
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:00
Last Modified: 15 Jun 2023 03:00
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/5565

Actions (login required)

View Item View Item