PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X TKJ SMK NEGERI 5 PADANG TAHUN AJARAN 2020/2021

Sowmiy, Nur (2021) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X TKJ SMK NEGERI 5 PADANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK".

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
SKRIPSI_NUR SOWMIY_17101156110010_ABSTRAK.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
SKRIPSI_NUR SOWMIY_17101156110010_BAB 1.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI_NUR SOWMIY_17101156110010_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI_NUR SOWMIY_17101156110010_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh permasalahan pembelajaran yang dilakukan jarak jauh dan digunakan juga dalam tatap muka selama pandemi covid - 19 di SMK Negeri 5 Padang pada semester Ganjil tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Metode penelitian ini menggunakan analisis (ADDIE Model), dengan desain dan langkah-langkah pengembangannya adalah Analysis(analisis), Design (perancangan), Develop (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Uji coba dilakukan pada 26 orang siswa kelas X di SMK N 5 Padang. Hasil uji validitas oleh para ahli Secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap blended learning 91,45% sehingga tingkat validitas dapat di interpretasikan sangat valid digunakan. Hasil penilaian uji praktikalitas secara keseluruhan penilaian praktikalitas media pembelajaran blended learning sebesar 93,80% ,sehingga tingkat praktikalitas nya dapat di interpretasikan sangat praktis digunakan. Hasil penilaian uji efektivitas Secara keseluruhan penilaian efektivitas blended learning sebesar 88,00%, sehingga tingkat efektivitasnya dapat di interpretasikan sangat efektif digunakan. Berdasarkan penilaian beserta masukan ahli serta hasil dari uji coba lapangan media pembelajaran blended learning berbasis web sudah teruji kelayakan, keunggulan, dan dapat digunakan pada proses pelaksanaan media pembelajaran blended learning di SMK N 5 Padang. Kata kunci : Blended learning, Media Pembelajaran, Pemrograman Dasar, Web.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Animasi Media Pembelajaran
0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Komputer Jaringan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 14 Apr 2023 01:50
Last Modified: 14 Apr 2023 01:50
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/4974

Actions (login required)

View Item View Item