HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KONSEP DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KKPI KELAS X SMKN 1 RAO SELATAN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/2022

Ridwan, Ahmad (2021) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KONSEP DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KKPI KELAS X SMKN 1 RAO SELATAN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/2022. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK".

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
SKRIPSI_AHMAD RIDWAN_14101156110001_ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
SKRIPSI_AHMAD RIDWAN_14101156110001_BAB 1.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI_AHMAD RIDWAN_14101156110001_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI_AHMAD RIDWAN_14101156110001_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan konsep diri siswa terhadap hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui apakah ada keterkaitan kecerdasan emosional dan konsep diri siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran KKPI kelas X di SMKN 1 Rao semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 memiliki hubungan yang positif dan signifikan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif bersifat asosiatif. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah kuesioner model skala Likert. Instrumen hasil belajar dengan menggunakan tes hasil belajar dengan tipe pilihan ganda (multiple chocie item test). Analisa data dilakukan menggunakan program pada komputer yakni Microsoft Office Exel 2007. Adapun populasi dari penelitian yaitu siswa kelas X SMKN 1 Rao semester genap tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 584 orang dengan sampel 85 orang.Sehubungan dengan pembahasan variabel kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap hasil belajar, sehingga semakin tinggi kecerdasan emosional siswa maka akan semakin tinggi hasil belajar siswa sebaliknya jika kecerdasan emosional siswa menurun, maka hasil belajar siswa yang diperoleh akan menurun. Untuk variabel konsep diri berpengaruh positif terhadap hasil belajar, sehingga semakin tinggi konsep diri siswa maka akan semakin tinggi hasil belajar siswa sebaliknya jika konsep diri siswa menurun, maka hasil belajar siswa yang diperoleh akan menurun. Untuk variabel kecerdasan emosional dan konsep diri berpengaruh positif terhadap hasil belajar, sehingga semakin tinggi kecerdasan emosional dan konsep diri siswa maka akan semakin tinggi hasil belajar siswa sebaliknya jika kecerdasan emosional dan konsep diri siswa menurun, maka hasil belajar siswa yang diperoleh akan menurun.Hasil dari penelitian didapatkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan kecerdasan emosional dan konsep diri terhadap hasil belajar siswa mata KKPI kelas X di SMKN 1 Rao semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Kata kunci: kecerdasan emosional, konsep diri, hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Animasi Media Pembelajaran
0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:10
Last Modified: 13 Apr 2023 02:10
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/4937

Actions (login required)

View Item View Item