KONTRIBUSI LINGKUNGAN BELAJAR DAN SARANA PRASARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK KELAS XI IPS SMA PGRI 1 PADANG SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2019/2020

SANJAYA, DARMA (2020) KONTRIBUSI LINGKUNGAN BELAJAR DAN SARANA PRASARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK KELAS XI IPS SMA PGRI 1 PADANG SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK".

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
SKRIPSI_Darma Sanjaya_13101156110060_ABSTRAK.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
SKRIPSI_Darma Sanjaya_13101156110060_BAB 1.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI_Darma Sanjaya_13101156110060_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI_Darma Sanjaya_13101156110060_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi lingkungan belajar dan sarana prasarana terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran TIK di SMA PGRI 1 Padang tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMA PGRI 1 Padang, pada Bulan Desember 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA PGRI 1 Padang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proposional random sampling (sampel diambil dengan cara proposional). Yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 siswa dari 133 siswa kelas XI IPS. Hasil analisis data menunjukkan hubugan lingkungan belajar dengan hasil belajar sebesar rhitung>rtabel (0,278<0,195), terdapat hubungan yang positif dan signifikan dan dilanjutkan dengan uji t sebesar thitung>ttabel (2,469>1,658), hipotesis pertama diterima, sarana prasarana dengan hasil belajar sebesar rhitung>rtabel (0,126>0,195), terdapat hubungan yang positif dan signifikan dan dilanjutkan dengan uji t sebesar thitung>ttabel (1,257>1,658) hipotesis kedua di terima, lingkungan belajar dan sarana prasarana dengan hasil belajar secara bersama-sama sebesar rhitung>rtabel (0,242>0,195), terdapat hubungan yang positif dan signifikan dan dilanjutkan dengan uji f sebesar Fhitung > FTabel (2,469>1,658) hipotesis ketiga di terima pada mata pelajaran TIK siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci : Lingkungan Belajar,Sarana Prasarana Dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:06
Last Modified: 12 Apr 2023 02:06
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/4893

Actions (login required)

View Item View Item