KORELASI KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DIGITAL KELAS X DI SMK NEGERI 6 PADANG SEMESTER GANJIL TA 2019/2020

Ulfina, Ita (2020) KORELASI KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DIGITAL KELAS X DI SMK NEGERI 6 PADANG SEMESTER GANJIL TA 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK".

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
SKRIPSI_Ita Ulfina_1610115611018_ABSTRAK.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
SKRIPSI_Ita Ulfina_1610115611018_BAB I.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI_Ita Ulfina_1610115611018_DaftarPustaka.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI_Ita Ulfina_1610115611018_FUL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Kepercayaan diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X SMK N 6 Padang semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Hasil analisis data menunjukkan kepercayaan diri dengan dengan hasil belajar yaitu rhitung>rtabel (0,273>0,113), terdapat hubungan yang positif dan signifikan dan dilanjutkan dengan uji t sebesar thitung>ttabel (4,437>1,960), hipotesis pertama diterima, motivasi belajar dengan hasil belajar adalah rhitung>rtabel (0,366>0,113), terdapat hubungan yang positif dan signifikan dan dilanjutkan dengan uji t sebesar thitung>ttabel (2,272>1,960), hipotesis kedua diterima, kepercayaan diri dan mtivasi belajar dengan hasil belajar belajar secara bersama-sama hasilnya adalah rhitung>rtabel ( 0,2733 >0,161), hubungan yang positif dan signifikan dan dilanjutkan dengan uji f sebesar Fhitung > FTabel (12,33>1,750). hipotesis ketiga di terima pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X SMK Negeri 6 Padang tahun pelajaran 2019/2020. Jadi dapat disimpulkan selain faktor kepercayaan diri dan motivasi belajar masih banyak lagi faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 6 Padang, pada Bulan November 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 6 Padang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proposional random sampling (sampel diambil dengan cara proposional). Yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 228 siswa dari 530 siswa kelas X. Kata Kunci :kepercayaan diri, motivasi belajar dan hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 12 Apr 2023 01:49
Last Modified: 12 Apr 2023 01:49
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/4886

Actions (login required)

View Item View Item