HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA KELAS X SMKN 4 PADANG SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2019/2020

Ahmid, Abdul (2019) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA KELAS X SMKN 4 PADANG SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK".

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
SKRIPSI_Abdul Hamid_1510115611019_ABSTRAK.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
SKRIPSI_Abdul Hamid_1510115611019_BAB 1.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI_Abdul Hamid_1510115611019_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI_Abdul Hamid_1510115611019_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar dan gaya belajar terhadap motivasi belajar ssimulasi dan komunikasi digital siswa kelas X SMK N 4 Padang semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 4 Padang, pada Bulan November 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 4 Padang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proposional random sampling (sampel diambil dengan cara proposional). Yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 171 siswa dari 298 siswa kelas X. Hasil analisis data menunjukkan lingkungan belajar dengan motivasi belajar yaitu rhitung>rtabel (1,020>0,138), terdapat hubungan yang positif dan signifikan dan dilanjutkan dengan uji t sebesar thitung>ttabel (3,314>1,653), hipotesis pertama diterima, gaya belajar dengan motivasi belajar adalah rhitung>rtabel (1,020>0,138), terdapat hubungan yang positif dan signifikan dan dilanjutkan dengan uji t sebesar thitung>ttabel (1,001>0,138), hipotesis kedua diterima, lingkungan belajar dan gaya belajar dengan motivasi belajar secara bersama-sama hasilnya adalah rhitung>rtabel ( >0,149), hubungan yang positif dan signifikan dan dilanjutkan dengan uji f sebesar Fhitung > FTabel (3,898>1,999). hipotesis ketiga di terima pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X SMK Negeri 4 Padang tahun pelajaran 2019/2020. Jadi dapat disimpulkan selain faktor lingkungan belajar dan gaya belajar masih banyak lagi faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Kata Kunci :Lingkungan belajar, gaya belajar dan Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Animasi Media Pembelajaran
0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 12 Apr 2023 01:45
Last Modified: 12 Apr 2023 01:45
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/4885

Actions (login required)

View Item View Item