IDENTIFIKASI PENENTUAN PERBAIKAN JALAN RUSAK DENGAN SKALA PRIORITAS PADA DINAS PEKERJAAN UMUM MENGGUNAKAN METODE SAW

Saputra, Andi (2022) IDENTIFIKASI PENENTUAN PERBAIKAN JALAN RUSAK DENGAN SKALA PRIORITAS PADA DINAS PEKERJAAN UMUM MENGGUNAKAN METODE SAW. Masters thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK".

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TESIS_Andi Saputra_202321051_ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
TESIS_Andi Saputra_202321051_BAB 1.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
TESIS_Andi Saputra_202321051_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
TESIS_Andi Saputra_202321051_FULL TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kementerian Pekerjaan Umum khususnya Dinas Bina Marga merupakan bagian yang bertanggung jawab atas pembangunan jalan di seluruh Indonesia. Namun, beberapa jalan yang dibangun oleh Dinas Pekerjaan kurang mendapat perawatan dan perbaikan. Perbaikan yang dilakukan seringkali tidak tepat sasaran atau kurangnya informasi tentang jalan yang rusak, dengan begitu maka penggunaan metode Simple Additive Weighting (SAW).untuk mengambil keputusan yang tepat saat memilih prioritas perbaikan. Kondisi jalan merupakan faktor yang mempengaruhi kenyamanan pengguna jalan dan juga merupakan faktor yang menjadi alasan banyaknya kecekalaan lalu lintas. Banyaknya masalah kondisi jalan menjadi suatu kendala yang tidak dapatdipungkiri dari setiap wilayah di Indonesia begitu juga di Provinsi Riau. Terdapat beberapa faktor yang mengakibatkan suatu jalan mengalami kerusakan diantaranya adalah jalan yang dilewati oleh kendaraan dengan bobot yang tidak seharusnya seperti bus dan truk besar. Data yang akan diolahdalam penentuan prioritas perbaikan adalah daya yang telah di kumpulkan dengan bagian yang bertanggung jawab dalam kegiatan pemeliharaan jalan Provinsi Riau. Data diolah menggunakan metode Metode SAW.Hasil penelitian ini dapat menentukan prioritas jalan yang rusak diperbaiki terlebih dahulu dengan optimal.. Untuk mengilustrasikan penerapan metode tersebut, penulis menggunakan data jalan keadaan. Banyak alternatif data jalan yang digunakan dalam penelitian ini, hingga 20 data jalan lokal. Hasil prioritas perbaikan jalan negara diprioritaskan 11 ruas jalan dengan skor akhir lebih besar dari 50. Kata Kunci:Identifikasi,Jalan, Kerusakan,Pemeliharaan Jalan , Simple Additive Weighting (SAW).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Penunjang Keputusan
0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Magister Ilmu Komputer (S2)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 04 Mar 2023 03:06
Last Modified: 04 Mar 2023 03:06
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/4246

Actions (login required)

View Item View Item