PENENTUAN HASIL BELAJAR SISWA SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN METODE C4.5

Fitriani, Yetti (2021) PENENTUAN HASIL BELAJAR SISWA SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN METODE C4.5. Masters thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Thesis_Yetti Fitriani_191321022_Abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Thesis_Yetti Fitriani_191321022_Bab I.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Thesis_Yetti Fitriani_191321022_Daftar Pustaka.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Thesis_Yetti Fitriani_191321022_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran siswa di sekolah mengalami perubahan sejak pandemi Covid- 19. Pembelajaran siswa pada kondisi normal dilaksanakan secara tatap muka berubah menjadi pembelajaran Online atau Dalam Jaringan (Daring). Penelitian dilakukan untuk menentukan hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 sehingga hasil penelitian bisa digunakan untuk menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan di sekolah. Metode C4.5 digunakan pada penelitian untuk mengklasifikasi data nilai siswa kelas XII Jurusan Multimedia di SMK Negeri 2 Padang Panjang dan hasil klasifikasi dapat menentukan hasil belajar siswa pada masa pandemi. Data nilai siswa yang diolah diambil dari 1 (satu) mata pelajaran sebagai sampel data penelitian. Nilai hasil belajar siswa dianalisa menggunakan Metode C4.5 untuk mendapatkan pengetahuan baru dari data nilai hasil belajar siswa yang dilaksanakan pada masa pandemi COVID-19. Data yang dianalisa terdiri dari atribut absensi, tugas, Ulangan Harian (UH) dan nilai ujian yang mempengaruhi kriteria keputusan hasil belajar siswa pada pelajaran yang dilaksanakan secara daring. Kriteria keputusan hasil belajar terdiri dari “Memuaskan” dan “Kurang Memuaskan” yang mengacu kepada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pengujian yang dilakukan terhadap data training hasil belajar menunjukkan bahwa nilai Ulangan Harian (UH) merupakan atribut yang paling mempengaruhi terhadap keputusan. Implementasi hasil menggunakan Software RapidMiner Studio 9.2.0 dan menghasilkan akurasi sebesar 83,33% dari pengujian data testing dengan rule-rule hasil analisa data training. Hasil pengujian klasifikasi metode C4.5 pada penelitian ini bisa digunakan untuk menentukan hasil belajar siswa. Hasil pengujian dengan akurasi sebesar 83,33% sudah dapat direkomendasikan untuk membantu pihak sekolah dalam membuat kebijakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer
0 Research > Ilmu Komputer > Model dan Simulasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Magister Ilmu Komputer (S2)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 04 Mar 2023 02:20
Last Modified: 04 Mar 2023 02:20
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/4204

Actions (login required)

View Item View Item