PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY MENGGUNAKAN GOOGLE FORM TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA KELAS X SMK NEGERI 9 PADANG SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2018/2019

Qamariah, Nurul (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY MENGGUNAKAN GOOGLE FORM TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA KELAS X SMK NEGERI 9 PADANG SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img]
Preview
Text
15101156110018_NURUL QAMARIAH.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry menggunakan Google Form terhadap hasil belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas X. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 9 Padang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 . Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dan teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini, siswa kelas X K7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X K5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa kelas eksperimen 36 siswa dan jumlah siswa kelas kontrol 36 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa penerapan model pembelajaran Inquiry menggunakan Google Form dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 30 butir soal dengan 5 alternatif pilihan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan, nilai rata-rata kelas Eksperimen adalah 88,78 dan rata-rata kelas Kontrol adalah 77,19. Pengujian pada taraf signifikansi α 0,05 (pada taraf 5%) didapatkan nilai thitung = 4,889 dan ttabel = 2,381 sehingga diperoleh thitung>ttabel (4,889 > 2,381). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran Inquiri Menggunakan Google Form terhadap hasil belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X SMK Negeri 9 Padang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 15101156110018
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Pendidikan
0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Komputer Jaringan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Masriadi, S.Kom., M.Kom
Date Deposited: 19 Feb 2019 02:39
Last Modified: 19 Feb 2019 02:39
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/2498

Actions (login required)

View Item View Item