PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) KELAS XI SMA PGRI 1 PADANG TAHUNAJARAN 2017/2018

Firmanda, Andi (2019) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) KELAS XI SMA PGRI 1 PADANG TAHUNAJARAN 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img]
Preview
Text
13101156110054_ANDI FIRMANDA.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar TIK yang diperoleh siswa kelas XI SMA PGRI 1 Padang tahun ajaran 2017/2018. Hal ini terjadi karena tidak adanya media pembelajaran yang menarik minat belajar bagi siswa. Oleh karena itu penulis berupaya merancang modul pembelajaran yang menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Praktikalitas dan Efektifitas Perancangan dan Pembuatan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Solving Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas XI SMA PGRI 1 Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development) yang mengacu pada Waterfall Model dengan tahapan yang dilalui dalam penlitian ini adalah tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Pengambilan data dilakukan kepada pengguna Modul Pembelajaran. Sampel penelitian berjumlah 31 orang terdiri dari 30 siswa dan 1 orang guru SMA PGRI Padang. Hasil uji validitas oleh para ahli secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap Modul Pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas XI SMA PGRI 1 Padang sebesar 89,64%, sehingga tingkat validitas dapat di interprestasikan sangat valid digunakan. Hasil penilaian uji praktikalitas secara keseluruhan penilaian praktikalitas terhadap Modul Pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas XI SMA PGRI 1 Padang sebesar 84,15%, sehingga tingkat praktikalitasnya dapat di interprestasikan praktis digunakan. Hasil penilaian uji efektifitas secara keseluruhan penilaian efektifitas terhadap Modul Pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas XI SMA PGRI 1 Padang sebesar 82,68% sehingga tingkat efektifitasnya dapat di interprestasikan sangat baik digunakan. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi nilai validitas, praktikalitas, dan efektifitas suatu produk maka akan semakin layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 13101156110054
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Animasi Media Pembelajaran
0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Komputer Jaringan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Masriadi, S.Kom., M.Kom
Date Deposited: 14 Feb 2019 04:48
Last Modified: 14 Feb 2019 04:48
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/2465

Actions (login required)

View Item View Item