PENGARUH RASIO AKTIVITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER NON-CYCLICALS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA 2019-2023)

Khairani, Lisna (2025) PENGARUH RASIO AKTIVITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER NON-CYCLICALS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA 2019-2023). Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

[img]
Preview
Text
Skripsi_21101155310515_Lisna Khairani_Abstrak.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi_21101155310515_Lisna Khairani_BAB I.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi_21101155310515_Lisna Khairani_Daftar Pustaka.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text
Skripsi_21101155310515_Lisna Khairani_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pengaruh rasio aktivitas dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening (studi kasus pada perusahaan consumer noncyclicals yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2019-2023). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan Consumer noncyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2023 yaitu sebanyak 129 perusahaan. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan mendapatkan sampel sebanyak 32 sampel. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis jalur di SPSS 26. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan disimpulkan bahwa Rasio Aktivitas dan Leverage berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas. Rasio Aktivitas berpengaruh tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Leverage berpengaruh tidak siginifikan terhadap Nilai Perusahaan. Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan pada sektor Consumer non-cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2023. Pada analisis jalur ditemukan bahwa Profitabilitas Memediasi Pengaruh Rasio Aktivitas dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan pada sektor Consumer non-cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2023. Kata kunci : rasio aktivitas, leverage ,nilai perusahaan ,profitabilitas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen (S1)
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 19 Dec 2025 06:56
Last Modified: 19 Dec 2025 06:56
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/14395

Actions (login required)

View Item View Item