PENGARUH PROFITABILITAS DAN SOLVABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2022

Syerly, Ananda (2025) PENGARUH PROFITABILITAS DAN SOLVABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2022. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

[img]
Preview
Text
Skripsi_20101155310153_Ananda Syerly_Abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi_20101155310153_Ananda Syerly_Bab I.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi_20101155310153_Ananda Syerly_Daftar Pustaka.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
Skripsi_20101155310153_Ananda Syerly_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengambilan keputusan ekonomi yang hanya berfokus pada nilai perusahaan (corporate value) yang direfleksikan dalam kondisi keuangan suatu perusahaan sudah tidak lagi relevan. Oleh karena itu, diperlukan suatu pendekatan yang lebih komprehensif dengan mempertimbangkan tanggung jawab perusahaan berdasarkan konsep triple bottom line, yaitu aspek keuangan, sosial, dan lingkungan. Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi salah satu indikator yang mencerminkan tanggung jawab perusahaan dalam ketiga aspek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas dan solvabilitas terhadap nilai perusahaan dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai t-statistic sebesar 3.6087 dengan tingkat signifikansi 0.0004. Sebaliknya, solvabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan t-statistic sebesar 0.7101 dan tingkat signifikansi 0.4784. Selanjutnya, hasil analisis moderasi menunjukkan bahwa CSR tidak memoderasi hubungan antara profitabilitas dan nilai perusahaan, dengan t-statistic -0.5833 dan tingkat signifikansi 0.5603. CSR juga tidak memoderasi hubungan antara solvabilitas dan nilai perusahaan, sebagaimana ditunjukkan oleh t-statistic sebesar 0.9053 dan tingkat signifikansi 0.3664. Kata kunci: Profitabilitas, Solvabilitas, Nilai Perusahaan, Corporate Social Responsibility (CSR).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen (S1)
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 29 Oct 2025 03:34
Last Modified: 29 Oct 2025 03:34
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/14078

Actions (login required)

View Item View Item