PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE KELAS X DI SMKS SEMEN PADANG SEMESTER GANAP TAHUN 2024/2025

Sarpina, Elsi (2025) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE KELAS X DI SMKS SEMEN PADANG SEMESTER GANAP TAHUN 2024/2025. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text
skripsi_21101156110009_ELSI SARPINA_Abstrak.pdf

Download (108kB)
[img] Text
skripsi_21101156110009_ELSI SARPINA_Daftar pustaka.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Skripsi_21101156110009_ELSI SARPINA_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
skripsi_21101156110009_ELSI SARPINA_bab 1.pdf

Download (172kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi multimedia interaktif berbasis Android pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas X SMK Semen Padang. Aplikasi multimedia interaktif berbasis Android ini menggunakan model ADDIE dan dirancang dengan tampilan yang menarik, untuk meningkatkan daya tarik dan kemudahan penggunaannya. Aplikasi ini dirancang menggunakan Adobe Animate untuk mempermudah proses belajar mengajar dan membantu siswa memahami materi PAI dengan cara yang lebih interaktif dan menarik. Pengembangan aplikasi ini melibatkan beberapa komponen utama, seperti halaman intro, login, menu utama, materi, evaluasi, game, dan profil. Uji validitas yang dilakukan oleh tiga validator menghasilkan rata-rata validitas sebesar 89%, yang menunjukkan bahwa aplikasi ini cukup valid untuk digunakan. Uji praktikalitas yang melibatkan 26 siswa menghasilkan rata-rata sebesar 90,10%, yang menunjukkan bahwa aplikasi ini sangat praktis dalam pembelajaran. Selain itu, uji efektivitas menunjukkan tingkat efektivitas sebesar 88,92%, yang mengindikasikan bahwa aplikasi ini sangat efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi multimedia interaktif berbasis Android dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif. Aplikasi ini dirancang dengan tampilan yang menarik dan memadukan elemen warna, gambar, animasi, dan video untuk meningkatkan daya tarik dan kemudahan penggunaannya. Penelitian ini juga menyadari keterbatasan, seperti penggunaan yang terbatas hanya di kelas X SMK Semen Padang, serta perlunya pengembangan lebih lanjut agar aplikasi ini dapat memenuhi kebutuhan peserta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan
0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 02 Jul 2025 03:32
Last Modified: 02 Jul 2025 03:34
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/13797

Actions (login required)

View Item View Item