Hasibuan, Atikah Sari (2024) IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGAEMENT(CRM) DALAM PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALANSEMBAKOPADA TOKO SUADUON BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKANBAHASA PEMROGRAMAN PHP DAN DATABASE MYSQL. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.
![]() |
Text
Skripsi_20101152610094_Atikah Sari Hasibuan_Abstrak.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
Skripsi_20101152610094_Atikah Sari Hasibuan_BAB I.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
Skripsi_20101152610094_Atikah Sari Hasibuan_Daftar Pustaka.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
Skripsi_20101152610094_Atikah Sari Hasibuan_Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Toko Suadon merupakan toko penjual sembako yang berada di di Jl. Baginda SuaduonSibuhuan Julu, Kec. Barumun, Kab. Padang lawas, Sumatera Utara. Toko Suaduon sudahmemiliki banyak customer yang tidak hanya di wilayah Jl. Baginda Suaduon, Toko Suaduonmemiliki customer dari daerah lain bahkan kecamatan lain. Pada saat ini, Toko Suaduondalam melakukan pencatatan transaksi masih manual yaitu dicatat dalam buku besar sehinggaterkadang terjadi kesalahan dalam pelaporan penjualan yang disebabkan karena human error. Selain itu, penjualan di Toko Suaduon masih dilakukan secara face to face yaitu denganberkunjung langsung ke toko. Selain itu, Toko Suaduon belum memiliki sebuah sistemyangdapat meningkatkan hubungan dengan para customer sehingga belum dapat memberikanpelayanan yang lebih baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan CRMoperasional yang dapat memfasilitasi pelayanan kepada konsumen. Pada penelitian ini dibuat sistem yang mengimplementasikan CRM operasional untuk membantu pemilik TokoSuaduon dalam penjualan dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada customer bahkan bisa menarik customer lain. Adapun fitur CRM operasional yang digunakan dalampenelitian ini diantaranya adalah fitur diskon, pengelolaan data pelanggan, informasi tokodanpelayanan pemesanan secara online. Sistem terlebih dahulu dirancang dengan membuat diagram konteks, Selanjutnya hasil dari perancangan tersebut diimplementasikan menjadi sebuah sistem menggunakan bahasa pemrogaman PHP dan database MySQL. Hasil akhir dari implementasi tersebut adalah aplikasi berbasis web. Aplikasi akan memberikankemudahan kepada pelanggan dalam melakukan pemesanan barang. Aplikasi ini akanmembantu manajemen dalam mengatur sistem pemesanan yang diterapkan di perusahaan, terutama pada aspek pelayanan informasi pada pelanggan. Kata Kunci: Suaduon, Customer Relationship Management, SistemInformasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Ilmu Komputer > Database 0 Research > Ilmu Komputer |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | Ryan Ariadi A.Md |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 02:08 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 02:08 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/13562 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |