THE EFFECT OF USING GROUP INVESTIGATION (GI) METHOD IN TEACHING WRITING ABILITY FOR SECOND GRADE STUDENT OF SMP N 30 PADANG

Alfiandi, Rio (2024) THE EFFECT OF USING GROUP INVESTIGATION (GI) METHOD IN TEACHING WRITING ABILITY FOR SECOND GRADE STUDENT OF SMP N 30 PADANG. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text
SKRIPSI_RIO ALFIANDI_20101156130007_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
SKRIPSI_RIO ALFIANDI_20101156130007_BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
SKRIPSI_RIO ALFIANDI_20101156130007_ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text
SKRIPSI_RIO ALFIANDI_20101156130007_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rio Alfiandi, 2024, The Effect of Using Group Investigation Method in Teaching Writing Ability for Second Grade Student of SMPN 30 Padang, Bachelor of English Education, Faculty of Teacher Training and Education Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang. Dampak Investigasi Kelompok Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa di SMPN 30 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest untuk menganalisis pengaruh penggunaan investigasi kelompok pada siswa SMPN 30 Padang yang terdiri dari 33 siswa kelas VIII.A yang dipilih menggunakan cluster pengambilan sampel secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Investigasi Kelompok dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan menyediakan wadah yang dinamis dan menarik untuk berlatih dan meningkatkan kemampuan. Strategi ini menekankan keterlibatan dan aktivitas siswa, yang mengarah pada peningkatan pemikiran kritis, pengumpulan informasi, dan keterampilan pemecahan masalah kolaboratif. Hasil uji t sampel berpasangan menegaskan bahwa Investigasi Kelompok mempunyai pengaruh yang signifikan secara statistik terhadap prestasi menulis. Secara keseluruhan, Investigasi Kelompok memberikan dampak positif terhadap pengalaman belajar bahasa siswa dan mendorong pengembangan kemampuan menulis yang efektif. Hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 39,51 dan posttest sebesar 51,03. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil analisis menunjukkan nilai t uji > t tabel yaitu 4,612 > 2,03693. Hipotesis terakhir menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan Group Investigation. Keywords: Group Investigation, Kemampuan Menulis, Strategi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Bahasa Inggris
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 28 Apr 2025 01:59
Last Modified: 28 Apr 2025 02:01
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/13457

Actions (login required)

View Item View Item