PERANCANGAN REDESAIN LOGO DESA WISATA MALIGI KABUPATEN PASAMAN BARAT

Istiqomah, Rahil (2024) PERANCANGAN REDESAIN LOGO DESA WISATA MALIGI KABUPATEN PASAMAN BARAT. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text
SKRIPSI_RAHIL ISTIQOMAH_20101159110165_ABSTRAK.pdf

Download (322kB)
[img] Text
SKRIPSI_RAHIL ISTIQOMAH_20101159110165_BAB I.pdf

Download (413kB)
[img] Text
SKRIPSI_RAHIL ISTIQOMAH_20101159110165_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)
[img] Text
SKRIPSI_RAHIL ISTIQOMAH_20101159110165_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Desa Wisata Maligi terletak di Kecamatan Sasak Ranah Pesisir, Kabupaten Pasaman Barat. Nagari ini merupakan salah satu wilayah yang berada di pesisir barat Sumatera dengan destinasi pantai dan muara. Desa Maligi berjarak 30 kilometer dari Simpang Empat, ibu kota Kabupaten Pasaman Barat. Logo yang digunakan sebagai identitas Desa Wisata Maligi sebelumnya belum sepenuhnya mencerminkan potensinya. Oleh karena itu, logo tersebut dievaluasi dan didesain ulang agar lebih merepresentasikan desa tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yang diperoleh melalui wawancara dengan narasumber, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan metode analisis SWOT. Proses desain dimulai dengan menghasilkan ide-ide untuk logo, yang kemudian divisualisasikan melalui buku panduan untuk menetapkan arah visual. Selanjutnya, desain logo dan penerapannya pada media promosi dikembangkan. Untuk memastikan konsistensi logo, desain mencakup logo itu sendiri dan penerapannya pada berbagai media promosi. Tujuan perancangan ulang logo sebagai identitas visual baru dari Desa Wisata Maligi agar mudah dikenal dan dapat menarik perhatian oleh masyarakat luas.wisatawan lokal maupun macanegara. Proses desain menghasilkan logo yang selaras dengan segmentasi target audiens dan mencakup lima aspek utama: Keunikan, Relevansi, Kesederhanaan, Keabadian, dan Adaptabilitas. Desain akhir diterapkan pada media utama yaitu brandguedline yang menjadi panduan dalam penggunaan logo, serta media pendukung seperti merchandise (kaos, stiker, gantungan kunci), dan materi promosi (poster, x-banner). Kata Kunci : Redesain, Logo, Desa Maligi, identitas visual

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Desain Komunikasi Visual > Branding
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Desain Komunikasi Visual > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 28 Apr 2025 01:31
Last Modified: 28 Apr 2025 01:31
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/13451

Actions (login required)

View Item View Item