MULYA LESMANA , ANALYSIS OF THE SALES LEVEL OF SPARE PARTS FOR OPTIMIZING CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT AT PT. SUKA FAJAR USING THE KMEDOIDS ALGORITHM

Lesmana, Mulya (2024) MULYA LESMANA , ANALYSIS OF THE SALES LEVEL OF SPARE PARTS FOR OPTIMIZING CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT AT PT. SUKA FAJAR USING THE KMEDOIDS ALGORITHM. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
Skripsi_19101152630176_MULYA LESMANA_Abstrak.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Skripsi_19101152630176_MULYA LESMANA_Bab I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
Skripsi_19101152630176_MULYA LESMANA_Daftar Pustaka.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Skripsi_19101152630176_MULYA LESMANA_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Teknologi informasi (TI) turut berkembang sejalan dengan perkembangan peradaban manusia. Perkembangan TI tidak hanya mempengaruhi dunia bisnis, tetapi juga bidang-bidang lain seperti kesehatan, Pendidikan, dan pemerintahan. Persaingan bisnis yang meningkat menuntut perusahaan untuk memanfaatkan kemampuan yang ada semaksimal mungkin, agar unggul dalam persaingan. Pelaku usaha yang lebih kreatif dalam menarik pelanggan mereka dengan sebaik mungkin. Kondisi ini juga dialami oleh PT. Suka Fajar yang menghadapi persaingan dan harus mampu mempertahankan eksistensinya di era pemasaran modern saat ini. Penelitian pendahuluan dilakukan dengan cara membaca buku, jurnal, artikel yang berkaitan dengan segmentasi pelanggan, customer relationship management (CRM), dan algoritma k-medoids. Penelitian pendahuluan juga melakukan browsing di internet serta mencari tau mengenai algoritma k-medoids seperti apa yang harus dilakukan untuk dapat melakukan segmentasi pelanggan sehingga dapat memberikan referensi produk secara tepat.Dari Proses di atas didapatlah 3 kelompok dengam cluster 1 dengan keterangan “Sangat Laris” dengan banyak data 13, lalu cluster 2 dengan keteranga “Laris” dengan data banyak 15, dan cluster 3 keterangan “Kurang Laris” dengan banyak data 21. Penerapan CRM yang dikombinasikan dengan metode clustering menggunakan algoritma K-Medoids dapat membantu PT. Suka Fajar Solok dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemasaran produk spare part. Penerapan Customer Relationship Management (CRM) tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan, tetapi juga memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang perilaku pelanggan, kebutuhan, dan preferensi mereka. Ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan serta memaksimalkan peluang bisnis dari hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Kata Kunci: Customer Relationship Management, K-medoids cluster, Segmentasi Produk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Teknik > Komputer
0 Research > Teknik
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 13 Feb 2025 07:57
Last Modified: 13 Feb 2025 07:57
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/13128

Actions (login required)

View Item View Item