Andri, Ahmad (2023) HUBUNGAN KEDISIPLINAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP N 2 DUA KOTO KABUPATEN PASAMAN. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.
![]() |
Text
SKRIPSI_AHMAD ANDRI_16101157510004_ABSTRAK.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_AHMAD ANDRI_16101157510004_BAB 1.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_AHMAD ANDRI_16101157510004_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_AHMAD ANDRI_16101157510004_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kedisiplinan dengan prestasi belajar di SMP N 2 Duo Koto Kabupaten Pasaman. Variabel independen adalah kedisiplinan belajar dan variabel dependen dalam penelitian ini adalah prestasi belajar. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kedisiplinan dan skala prestasi belajar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel penelitian semua kelas VIII dan kelas IX yang memenuhi kriteria penelitian yang berjumlah 70 orang. Uji validitas dan reliabilitas pada penelitian ini menggunakan teknik Alpha Cronbach. Hasil koefisien validitas pada skala kedisiplinan bergerak dari rix = 0,351 sampai dengan rix = 0,749 dengan nilai koefisien reliabilitas α = 0,901. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar rxy = 0,608 dengan taraf signifikansi 0,000 yang berarti hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara kedisiplinan dengan prestasi belajar di SMP N 2 Duo Koto Kabupaten Pasaman. Kata Kunci : kedisiplinan belajar, prestasi belajar, siswa, sekolah menengah pertama.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Psikologi > Psikologi Pendidikan |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Psikologi > Psikologi (S1) |
Depositing User: | Anggi Anggi A.Md |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 02:22 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 02:22 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12711 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |