Habib, Afdal (2023) HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP STRES KERJA PADA GURU MAN PADUSUNAN KOTA PARIAMAN. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.
Text
AFDAL HABIB_16101157510003_ABSTRAK.pdf Download (225kB) |
|
Text
AFDAL HABIB_16101157510003_BAB 1.pdf Download (196kB) |
|
Text
AFDAL HABIB_16101157510003_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
|
Text
AFDAL HABIB_16101157510003_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara kontrol diri dengan kepatuhan pada guru MAN Padusunan Kota Pariaman. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan spiritual sedangkan variabel terikat adalah stres kerja. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecerdasan spiritual dan skala stres kerja. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 orang guru MAN Padusunan Kota Pariaman. Uji validitas dan reliabilitas pada penelitian ini menggunakan teknik Alpha Cronbach. Hasil koefisien validitas pada skala kecerdasan spiritual bergerak antara 0,250 sampai dengan 0,560 dengan koefisien reliabilitas sebesar α = 0,901 sedangkan hasil koefisien vaaliditas pada skala stres kerja bergerak antara 0,339 sampai dengan 0,532 dengan koefisien reliabilitas sebesar α = 0,883. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai korelasi sebesar 0,021 dengan taraf signifikansi 0,877 yang berarti hipotesis ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol diri dengan kepatuhan pada guru MAN Padusunan Kota Pariaman. Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Stres Kerja, Guru
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Psikologi > Psikologi Pendidikan |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Psikologi > Psikologi (S1) |
Depositing User: | Anggi Anggi A.Md |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 02:20 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 02:20 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12707 |
Actions (login required)
View Item |