Karmanita, Deti (2024) DATA MINING DENGAN METODE K-MEANS DALAM MENGUKUR TINGKAT PEMAHAMAN MATERI MATA KULIAH INTI DAN PENILAIAN MAHASISWA (STUDI KASUS DI PRODI INFORMATIKA UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU). Masters thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.
Text
Tesis_222321023_DETI_TESIS_Abstrak.pdf Download (215kB) |
|
Text
Tesis_222321023_DETI_TESIS_BAB I.pdf Download (202kB) |
|
Text
Tesis_222321023_DETI_TESIS_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
|
Text
Tesis_222321023_DETI_TESIS_Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Data mining adalah proses yang menggunakan teknik statistik, matematika, kecerdasan buatan, dan machine learning untuk mengekstrasi dan mengidentifikasi informasi yang bermanfaat dan pengetahuan yang terkait dari berbagai database besar. KDD sering disebut juga sebagai penemuan pengetahuan dalam basis data. Data Mining memiliki lima fungsi utama, termasuk pengelompokan (clustering), klasifikasi (classification), asosiasi (association), urutan (sequencing) dan peramalan (forecasting). Algoritma clustering berupaya memisahkan kumpulan informasi yang ada menjadi kelompok-kelompok yang homogen atau sejenis. Tingkat kesamaan data di dalam suatu kelompok akan menghasilkan nilai yang semakin besar, sementara perbedaan antar kelompok akan menghasilkan nilai yang semakin kecil. Algoritma K-Means merupakan bagian dari clustering data mining, dimana algoritma K-Means dapat dipergunakan untuk pembentukan kelompok baru dari data. Pembentukan kelompok baru dari data pada algoritma K-Means dengan proses pembentukan cluster pada proses yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman materi mata kuliah inti pada program studi Informatika Universitas Dehasen yang diterima oleh mahasiswa. dimana peneliti menyebarkan kuisioner kepada mahasiswa untuk menentukan tingkat pemahaman materi mata kuliah inti menjadi 4 kelompok yaitu sangat baik, baik, cukup baik dan kurang baik. Metode yang digunakan adalah K-Means dengan tahapan yaitu pemilihan data, pra-pemrosesan, transformasi data, ekstraksi informasi dan evaluasi hasil. Data terdiri dari 46 mata kuliah inti yang di ambil dari kurikulum Prodi Informatika yang dinilai oleh mahasiswa dengan pemahaman materi mata kuliah Sangat Baik sebanyak 29%, Baik sebanyak 35%, Cukup Baik sebanyak 24%, Kurang Baik sebanyak 12%. Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode K-Means dengan dukungan aplikasi RapidMiner efektif dalam mengelompokkan data pemahaman materi mahasiswa dan hasilnya dapat digunakan untuk evaluasi dan peningkatan kualitas pengajaran. Kata kunci: data mining, KDD, clustering, k-means, pemahaman materi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Ilmu Komputer 0 Research > Ilmu Komputer > Teknologi Komputer |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Ilmu Komputer > Magister Ilmu Komputer (S2) |
Depositing User: | Ryan Ariadi A.Md |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 02:31 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 02:31 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12651 |
Actions (login required)
View Item |