EFEKTIVITAS METODE MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY (MAUT) DALAM MENENTUKAN TINGKAT KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (STUDI KASUS DI SMA N 1 RAO)

Sahri, Alfi (2024) EFEKTIVITAS METODE MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY (MAUT) DALAM MENENTUKAN TINGKAT KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (STUDI KASUS DI SMA N 1 RAO). Masters thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
Tesis_222321002_ALFI SAHRI_Abstrak.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Tesis_222321002_ALFI SAHRI_BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
Tesis_222321002_ALFI SAHRI_Daftar Pustaka.pdf

Download (386kB)
[img] Text
Tesis_222321002_ALFI SAHRI_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Teknologi sangat berkembang pesat di era modern ini, pengembang sistem aplikasi berlomba-lomba untuk menciptakan hal yang dilakukan secara manual menjadi teknologi agar mempermudah pekerjaan sehari-hari. Perkembangan teknologi informasi membawa peluang dan tantangan bagi dunia pendidikan, teknologi juga telah menjadi komponen integral untuk meningkatkan kualitas pengetahuan. Meningkatkan kualitas pendidikan melalui teknologi adalah tema yang berulang, di beberapa penelitian membahas perlunya keterbukaan informasi, pendidikan, dan akses terhadap sumber daya ilmu pengetahuan dan teknologi. Sistem manajemen pendidikan yang terkomputerisasi merupakan hal yang sudah sangat dibutuhkan saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat keaktifan belajar siswa. Metode pendekatan yang dapat digunakan dalam menentukan tingkat keaktifan belajar siswa, salah satu metode yang digunakan yaitu Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT), metode ini merupakan sebuah metode pada sistem pengambilan keputusan sebagai perbandingan dan untuk memperoleh hasil alternatif yang unggul. Dataset yang diteliti terdiri dari 63 data siswa dengan menggunakan 10 kriteria yang akan menjadi sampel dalam menentukan tingkat keaktifan belajar siswa, kemudian memiliki 3 bobot untuk masing-masing kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) dapat digunakan untuk mendukung proses pengambilan keputusan dalam menentukan tingkat keaktifan belajar siswa di SMA N 1 RAO dengan tingkat akurasi 100% Hasil akurasi tersebut diperoleh dari perbandingan perhitungan yang dilakukan secara manual dengan perhitungan sistem, karena sebelumnya tidak ada penelitian yang dilakukan dengan objek yang sama. Oleh karena itu penelitian ini dapat menjadi acuan dalam menentukan tingkat keaktifan belajar siswa untuk selanjutnya. Kata kunci: Teknologi, Informasi, Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Keaktifan Belajar Siswa, Multy Attribute Utility Theory (MAUT)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Magister Ilmu Komputer (S2)
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 07 Jan 2025 04:00
Last Modified: 07 Jan 2025 07:29
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12616

Actions (login required)

View Item View Item