PERBAIKAN KUALITAS DENGAN METODE QUALITY CONTROL CIRCLE (QCC) DAN LEAN SIX SIGMA (LSS ) DI PT. UMEGA SEMBILAN BERLIAN

Moska, Anperta (2024) PERBAIKAN KUALITAS DENGAN METODE QUALITY CONTROL CIRCLE (QCC) DAN LEAN SIX SIGMA (LSS ) DI PT. UMEGA SEMBILAN BERLIAN. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_ANPERTA MOSKA_20101154250008_ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
SKRIPSI_ANPERTA MOSKA_20101154250008_BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
SKRIPSI_ANPERTA MOSKA_20101154250008_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
SKRIPSI_ANPERTA MOSKA_20101154250008_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perbaikan kualitas merupakan kegiatan yang terpadu dalam perusahaan untuk menjaga, mempertahankan dan meningkatkan kualitas. Analisis menggunakan metode Quality Control Circle (QCC) didapatkan penyebab utama dari kerusakan produk cup 220 ml adalah kelalain dari pekerja dan operator, jenis kerusakan produk cup 220 ml ada 2 yaitu kemasan bocor dan kemasan penyok. Hasil analisis menggunakan metode Lean Six Sigma (LSS) untuk menurunkan tingkat kecacatan dan meminimalkan pemborosan pada perusahaan adalah dengan menghilangkan operator yang bekerja pada proses feeder dikarenakan pada proses ini sangat sulit ditemukan sebagai penyebab kerusakan produk dan dipindahkan ke mesin pressing dikarenakan banyak terdapat kerusakan produk yang terjadi pada saat proses pressing. Untuk penerapan perbaikan berkelanjutan yaitu dengan melakukan pengasawan dan pengendalian oleh QC secara berkala kepada operator dan pekerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Teknik > Industri
0 Research > Teknik
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Teknik > Teknologi Industri (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 29 Nov 2024 03:58
Last Modified: 29 Nov 2024 03:58
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12237

Actions (login required)

View Item View Item