KONTRIBUSI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR INFORMATIKA KELAS X SMKS SEKOTA PADANG SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2023/2024

Ramanda, Dhelia (2024) KONTRIBUSI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR INFORMATIKA KELAS X SMKS SEKOTA PADANG SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2023/2024. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_20101156110004_DHELLA RAMANDA_ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text
SKRIPSI_20101156110004_DHELLA RAMANDA_BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
SKRIPSI_20101156110004_DHELLA RAMANDA_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] Text
SKRIPSI_20101156110004_DHELLA RAMANDA_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kotribusi penggunaan media sosial dan Penggunaan Gadget terhadap hasil belajar informatika siswa kelas X SMKS Sekota Padang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMKS Sekota Padang pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Dan siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 124 orang siswa. Intrumen yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan soal yang disusun menurut model skala likert. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 21. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui kontribusi penggunaan media sosial (X1) dan Penggunaan Gadget (X2) terhadap hasil belajar informatika (Y) siswa kelas X di SMKS Sekota Padang semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 sebesar 35,5%. Hasil Uji signifikan diperoleh hasil thitung= 2,833 sedangkan ttabel=1,992 (thitung> ttabel) untuk variabel X1 (Media Sosial) dan Y (Hasil Belajar) sedangkan hasil uji signifikan variabel X2 (Literasi Digital) dan Y (Hasil Belajar) adalah 4,164 dengan ttabel= 1, 992 (thitung> ttabel). Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ketiga hipotesis diterima. Yang berarti bahwa terdapat kontribusi positif namun tidak signifikan antara penggunaan media sosial dan penggunaan Gadget terhadap hasil belajar informatika kelas X di SMK Semen Padang semester ganjil tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan
0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:15
Last Modified: 11 Nov 2024 02:15
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12184

Actions (login required)

View Item View Item