OPTIMALISASI LINE BALANCING MENGGUNAKAN METODE RANKED POSITIONAL WEIGHT, MOODIE YOUNG, DAN J-WAGON DI CV. CAHAYA FURNITURE

Laorenza, Soviana (2023) OPTIMALISASI LINE BALANCING MENGGUNAKAN METODE RANKED POSITIONAL WEIGHT, MOODIE YOUNG, DAN J-WAGON DI CV. CAHAYA FURNITURE. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_Soviana Laorenza_19101154250025_ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text
SKRIPSI_Soviana Laorenza_19101154250025_BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
SKRIPSI_Soviana Laorenza_19101154250025_DAFTAR PUSTAJA.pdf

Download (168kB)
[img] Text
SKRIPSI_Soviana Laorenza_19101154250025_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

CV. Cahaya Furniture merupakan industri yang bergerak dibidang furniture, yang berlokasi di Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Begalung Nan XX, Dalam proses produksi lemari jati, terlihat adanya ketidak seimbangan dalam lintasan produksi. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui performasi keseimbangan lintasan produksi dengan menggunakan metode Ranked Positional Weight, Moodie Young, dan J-Wagon. Didapatkan hasil bahwa efisiensi lintasan saat ini adalah sebesar 76,83%, Balance Delay sebesar 32,17%, Smoothness Index sebesar 36,13 dengan 5 stasiun kerja, sedangkan setelah melakukan perhitungan dengan metode Line Balancing didapatkan hasil bahwa dengan menggunakan metode Ranked Positional Weight nilai efisiensi lintasan meningkat menjadi 96,04%, balance delay menurun menjadi 3,96%, smoothness index sebesar 5,32 dengan pengurangan menjadi 4 stasiun kerja. Pada metode Moodie Young nilai efisiensi lintasan sama dengan kondisi awal yaitu sebesar 76,83%, balance delay sebesar 23,17%, smoothness index sebesar 14,39 dengan 5 stasiun kerja. Pada metode J-Wagon nilai efisiensi lintasan menurun menjadi 64,03%, balance delay meningkat menjadi 35,97%, smoothness index sebesar 19,65 dengan 6 stasiun kerja. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode yang paling efektif digunakan adalah metode Ranked Positional Weight karena ada pengurangan stasiun kerja menjadi 4, dan meningkatkan efisiensi lintasan menjadi 96,04%, penurunan balance delay dari menjadi 3,96%, serta penurunan smoothness index menjadi 5,32. Kata kunci: Line balancing, Perfomasi, Ranked Positional Weight, Moodie Young, J-Wagon

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Teknik
0 Research > Teknik > Teknologi Industri
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Teknik > Teknologi Industri (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 29 Oct 2024 04:36
Last Modified: 29 Oct 2024 04:36
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12144

Actions (login required)

View Item View Item