RANCANG ULANG KEMASAN MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING DAN 5W1H DI UKM RENGGINANG EYANG SHASA

Hidayatulloh, Roby Ilham Noor (2023) RANCANG ULANG KEMASAN MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING DAN 5W1H DI UKM RENGGINANG EYANG SHASA. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_ROBY ILHAM NOOR HIDAYATULLOH_19101154250051_ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
SKRIPSI_ROBY ILHAM NOOR HIDAYATULLOH_19101154250051_BAB I.pdf

Download (61kB)
[img] Text
SKRIPSI_ROBY ILHAM NOOR HIDAYATULLOH_19101154250051_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
SKRIPSI_ROBY ILHAM NOOR HIDAYATULLOH_19101154250051_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

UKM Rengginang Eyang Shasa adalah usaha rumahan yang berlokasikan di Kejorongan Jambak Selatan Jalur IV Barat, Kabupaten Pasaman Barat. Dalam melakukan pemasaran rengginang biasanya dititipkan ke warung-warung atau dipasarkan melalui media sosial Facebook. Kemasan merupakan sesuatu yang dapat melindungi dan mengamankan suatu produk di dalamnya dan dapat memproyeksikan citra tertentu untuk menarik konsumen, tujuan dari penelitian ini Menentukan perancangan ulang kemasan Rengginang Eyang Shasa sesuai dengan keinginan konsumen menggunakan metode Kansei Engineering, melakukan umpan balik terhadap konsumen mengenai desain kemasan baru sesuai aturan pendekatan 5w1h. Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode kansei engineering didapatkan hasil kemasan yang diinginkan oleh konsumen adalah desain menggunakan bahan bagus, unik, praktis, elegan, aman, bewarna, modern, dan warna cerah. yang digunakan sebagai acuan dalam menentukan desain kemasan rengginang Eyang Shasa. Hasil kuesioner upan balik 12 responden menilai kesaman baru bagus, 11 responden menilai kemasan baru menarik, 6 responden memilih supermarket untuk pemasaran, 7 responden memilih swalayan, dan 6 responden memilih pusat oleh-oleh, dan yang menjadi target pasar yaitu 19 responden memilih orang dewasa,responden memilih tempat tersebut karena cakupan sangat luas dan mudah dikunjungi semua kalangan, responden sangat setuju jika kemasan baru beredar dipasaran. Dengan itu kemasan yang dihasilkan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh konsumen.Kata kunci: Kemasan, Kansei Engineering, 5w1h

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Teknik
0 Research > Teknik > Teknologi Industri
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Teknik > Teknologi Industri (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 29 Oct 2024 04:16
Last Modified: 29 Oct 2024 04:16
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12143

Actions (login required)

View Item View Item