PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN CONTENT MARKETING BERBASIS WEB E-COMMERCE DENGAN MENERAPKAN METODE RAD (RAPID APPLICATION DEVELOPMENT) PADA UMKM BON LADOMASIK MANDE

Ikhsan, Hafiz (2023) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN CONTENT MARKETING BERBASIS WEB E-COMMERCE DENGAN MENERAPKAN METODE RAD (RAPID APPLICATION DEVELOPMENT) PADA UMKM BON LADOMASIK MANDE. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
Skripsi_19101152610384_HAFIZ IKHSAN_Abstrak.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610384_HAFIZ IKHSAN_BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610384_HAFIZ IKHSAN_Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610384_HAFIZ IKHSAN_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Dalam konteks perkembangan teknologi informasi yang pesat dan meningkatnya persaingan di pasar global, persaingan dalam dunia usaha semakin ketat. E-commerce telah menjadi tren penting dalam dunia bisnis saat ini dampak e-commerce terhadap industri UMKM mendorong pelaku bisnis untuk lebih kreatif dan inovatif, strategi pemasaran menjadi elemen kunci dalam persaingan ini khususnya bagi UMKM yang perlu menggunakan pendekatan pemasaran seperti promo, diskon, dan kampanye lainya untuk menarik perhatian konsumen serta membedakan diri dari pesaing. Melalui studi kasus UMKM Bon Ladomasik Mande yang bergerak dalam kuliner dan juga memanfaatkan media sosial serta platform e-commerce, diidentifikasi bahwa proses penjualan belum efisien, inefisiensi ini terjadi karena waktu yang dibutuhkan dalam proses penjualan serta kurangnya informasi dari produk, UMKM ini berupaya mengoptimalkan proses pemesanan melalui pengembangan web e-commerce serta dilengkapi content marketing sebagai penarik minat konsumen, web ini tidak hanya akan menjadi platform penjualan tetapi juga situs resmi UMKM dengan konten marketing. Dalam perancangan sistem, metode RAD (Rapid Application Development) diterapkan dalam perancangan yang memungkinkan pengembangan sistem yang cepat dengan kualitas yang baik. Keywords : e-commerce, UMKM, content marketing, RAD, penjualan online.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer
0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 29 Oct 2024 02:47
Last Modified: 29 Oct 2024 02:47
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12127

Actions (login required)

View Item View Item