PENGUKURAN KUALITAS APLIKASI SURAT ELEKTRONIK (SUREK) BERBASIS WEB DALAM MEMPERCEPAT PELAYANAN PERSURATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN AGAM

Afni, Nur (2023) PENGUKURAN KUALITAS APLIKASI SURAT ELEKTRONIK (SUREK) BERBASIS WEB DALAM MEMPERCEPAT PELAYANAN PERSURATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN AGAM. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
Skripsi_19101152610122_NUR AFNI_ABstrak.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610122_NUR AFNI_BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610122_NUR AFNI_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_19101152610122_NUR AFNI_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pengukuran kualitas aplikasi SUREK berbasis web menggunakan metode Webqual dan IPA merupakan menganalisa kualitas aplikasi SUREK dengan metode Webqual yang digunakan untuk mengukur kualitas berdasarkan persepsi pengguna akhir dengan tiga komponen tolak ukur yaitu Usability, Information Quality, dan Interaction Quality dengan 20 indikator pertanyaan. Sedangkan metode IPA (Importance Performance Analaysis) dapat mengukur hubungan antara persepsi/kinerja aplikasi dengan harapan/kepentingan dari pengguna menggunakan kuadran analisis, yang memberikan gambaran mengenai indikator apa saja yang perlu diperbaiki dan dipertahankan. Aplikasi Surat Elektronik (SUREK) merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh DISKOMINFO Kabupaten Agam dalam hal persuratan secara elektronik. Aplikasi SUREK berbasis web ini masih tergolong baru belum ada yang melakukan penelitian sebelumnya. Kinerja dari aplikasi tersebut masih belum efektif dimana aplikasi ini masih membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melihat hasil dan untuk mencetak surat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data survei. Pada perancangan sistem pengukuran kualitas aplikasi SUREK berbasis web ini menggunakan alat bantu UML (Unified Modelling Language) dan dibangun menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic dengan database MySQL. Hasil dari pengolahan data kuesioner yang disebarkan kepada pengguna aplikasi dengan nilai Webqual Index yang didapatkan sebesar 0.84 atau dengan persentase 84% bahwa secara keseluruhan aplikasi SUREK berbasis web sudah sangat baik. Sedangkan 16% berada pada dimensi Information Quality dan Interaction Quality karena masih memiliki nilai gap (kesenjangan). Sedangkan hasil analisis IPA menunjukkah bahwa indikator yang membutuhkan perbaikan adalah indikator P8, P14, dan P20 yang terletak pada kuadran I yang berhubungan dengan website menciptakan pengalaman positif bagi pengguna, kelengkapan informasi dan terperinci, serta memberikan rasa nyaman bagi pengguna. Kata Kunci : Pengukuran Kualitas, Aplikasi SUREK, Webqual, Importance Performance Analysis (IPA), dan Gap.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer
0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 22 Oct 2024 04:08
Last Modified: 22 Oct 2024 04:08
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12091

Actions (login required)

View Item View Item