PERANCANG SISTEM INFORMASI POINT OF SALES (POS) PENJUALAN DANPEMESANAN SECARA ONLINE BERBASIS WEB PADA TOKO RINDU GALERY MENGGUNAKAN BAHASA PEMOGRAMAN PHP DAN DATABASE MYSQL

Darma, Putri Aurah Wahyuni (2023) PERANCANG SISTEM INFORMASI POINT OF SALES (POS) PENJUALAN DANPEMESANAN SECARA ONLINE BERBASIS WEB PADA TOKO RINDU GALERY MENGGUNAKAN BAHASA PEMOGRAMAN PHP DAN DATABASE MYSQL. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
Skripsi_20101152610028_Aurah Wahyuni DP_Abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Skripsi_20101152610028_Aurah Wahyuni DP_BAB I.pdf

Download (472kB)
[img] Text
Skripsi_20101152610028_Aurah Wahyuni DP_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Toko Rindu Galeri merupakan suatu badan usaha yang bergerak di bidang fashion wanita dan pria, yang berdiri sejak tahun 2018. Toko Rindu Galeri adalah sebuah toko retail yang berfokus pada penjualan berbagai produk baju batik, baju koto gadang, baju bordir, baju borkat, songket dan aksesoris. Namun dalam penjualan dan pemesanan di toko Rindu Galery masih belum terkomputerisasi karena hanya menggunakan via Whatsapp dan toko Offline.Dalam era digital yang terus berkembang, diperlukan sistem informasi yang handal untuk mengelola proses penjualan dan pemesanan secara online. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan Sistem Informasi Point of Sales (POS). Sistem Informasi POS yang dapat membantu Toko Rindu Galeri meningkatkan efisiensi dalam proses penjualan dan pemesanan produk. Sistem ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan produk secara online dengan mudah dan membantu toko dalam melacak inventaris dan manajemen stok produk. Selain itu, sistem ini juga memberikan laporan penjualan dan analisis data untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik. Sistem Point of sales dapat membantu memanajemen stok dan mengurangi risiko kehabisan stok atau adanya produk yang menumpuk. Penjualan dan Pemesanan secara online berbasis web pada Toko Rindu Galeri memungkinkan manajemen data yang lebih tertsruktur dan akurat. Kemudahan akses pelanggan untuk melakukan pembelian dan pemesanan produk melalui platform online yang meningkatkan kenyamanan dan keterjangkauan. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kebutuhan dan perancangan sistem. Pertama, dilakukan analisis kebutuhan untuk memahami proses penjualan dan pemesanan produk yang ada di toko. Selanjutnya, dilakukan perancangan sistem dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP sebagai bahasa utama dan database MySQL sebagai sistem manajemen basis data. Kata Kunci: Sistem Informasi, Point of Sales (POS), Penjualan, Pemesanan, Online, Web, PHP, MySQL, Toko Rindu Galeri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer
0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:49
Last Modified: 27 Sep 2024 02:49
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11937

Actions (login required)

View Item View Item