PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA TOKO HOYA BAKERY UNTUK MENENTUKAN POLA PEMBELIAN PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI BERBASIS WEB

Sari, Devi Anggun (2024) PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA TOKO HOYA BAKERY UNTUK MENENTUKAN POLA PEMBELIAN PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI BERBASIS WEB. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_18101152630147_DEVI ANGGUN SARI_ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text
SKRIPSI_18101152630147_DEVI ANGGUN SARI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
SKRIPSI_18101152630147_DEVI ANGGUN SARI_BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
SKRIPSI_18101152630147_DEVI ANGGUN SARI_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin lama semakin maju suatu manajemen bisnis sangat penting sekali untuk sebuah perusahaan, terutama dalam bidang pemasaran karena semua orang sudah sangat erat sekali dengan dunia teknologi. Salah satu untuk menunjang dalam pemasaran adalah E-business, yaitu sebuah teknologi untuk mengembangkan proses bisnis yang terdiri dari proses internal organisasi seperti sumber daya manusia, sistem keuangan dan administrasi serta proses eksternal seperti penjualan dan pemasaran, penyediaan barang dan jasa dan juga hubungan dengan pelanggan. Ada beberapa permasalahan terjadi pada toko Hoya Bakery tersebut seperti ada beberapa kue yang kurang diminati olah pelanggan sehingga kue tersebut menjadi terbuang karena tidak ada transaksi pembelian pada kue tersebut. Selain itu ada beberapa kue yang banyak dicari oleh pelanggan tetapi kue tersebut malah tidak tersedia atau habis. Untuk membantu permasalahan tersebut maka dibuatlah penelitian dengan menggunakan algoritma apriori, Metode ini adalah algoritma yang digunakan untuk mengetahui hubungan atau asosiasi antara satu objek/item dengan objek lain dalam suatu dataset. System yang dibuat berbasis web yang diharapkan dapat mempermudah dalam pengaksesan informasi persediaan barang dimana saja dan kapan saja secara online. Data yang dihitung adalah data transaksi yang ada pada bulan oktober 2024. Setelah data dihitung amaka didapatkan beberapa itemset yang memiliki nilai support dan confidence yang paling tinggi dan selanjutnya dibuatlah beberapa kombinasi pola pembelian yang paling baik. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah mendapatkan hasil Jika membeli Roti Pisang Coklat maka membeli Roti Creamy Cheese, Jika membeli Roti Creamy Cheese maka membeli Roti Pisang Coklat. Hasil dari perhitingan tersebut dijadikan acuan untuk selalu menyediakan stok kue yang paling laku. Dengan data tersebut maka dapat dibuat strategi promosi yang baik dan menyediakan stok barang yang paling laku sehingga dapat menaikan omset penjualan kepada toko.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Algoritma
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:51
Last Modified: 12 Aug 2024 07:51
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11649

Actions (login required)

View Item View Item