PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE PROBLEM BASED LEARNING (CPBL) DALAM SISTEM INFORMASI E-LEARNING DAN MONITORING SISWA PADA MAN 1 SUNGAI PENUH

FEBRINA, RIZKI (2023) PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE PROBLEM BASED LEARNING (CPBL) DALAM SISTEM INFORMASI E-LEARNING DAN MONITORING SISWA PADA MAN 1 SUNGAI PENUH. Sarjana thesis, Universitas Putera Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
SKRIPSI_19101152610267 RIZKI FEBRINA_ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152610267 RIZKI FEBRINA_BAB I.pdf

Download (541kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152610267 RIZKI FEBRINA_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152610267 RIZKI FEBRINA_FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Man 1 Sungai Penuh adalah salah satu Madrasah Aliyah Negeri di daerah Kerinci dan Sungai Penuh dengan akreditasi A. Proses pembelajaran di Man 1 Sungai Penuh seluruhnya masih menggunakan sistem pembelajaran konvensional sehingga diperlukan suatu metode pendekatan baru yaitu dengan pemanfaatan teknologi informasi secara optimal dalam menunjang pelaksanaan pendidikan dan peningkatan mutu pendidikan. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan adalah dengan lahirnya konsep e-Learning. Electronic Learning yang disingkat e-learning adalah proses pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara online. E-learning juga digunakan untuk memonitoring aktivitas siswa dalam hal pembelajaran. Sistem e-learning ini dilengkapi oleh model Collaborative Problem Based Learning (CPBL) yang mendukung siswa dalam belajar secara kelompok untuk menghasilkan kinerja individu yang saling bekerja sama. Penerapan Model Collaborative Problem Based Learning (CPBL) yang disertai e-learning ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran berbasis masalah yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan kerja sama dan keterampilan pemecahan masalah pada siswa. Dalam penelitian ini dibuat sistem pembelajaran berbasis e-learning dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Dengan adanya sistem pembelajaran e-Learning ini dapat membantu siswa dan guru melakukan proses belajar mengajar yang lebih efisien serta mempermudah guru memantau siswa dalam memanfaatkan teknologi informasi yang sedang berkembang saat ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:37
Last Modified: 12 Aug 2024 07:37
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11634

Actions (login required)

View Item View Item